PKM Mahasiswa Prodi Manajemen S-1, “Membentuk Sikap Sopan Santun Sejak Dini” Yayasan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Ihsan, Kp Momonggor Tanggerang Selatan

Gambar 1: Foto Bersama Tim PKM

Senin, 8 Agustus 2022, Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat)  di yayasan Nurul Ihsan, Tanggerang Selatan.

Sasaran pelaksanan PKM kali ini adalah Yayasan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Ihsan,Yayasan nurul ihsan,  yang merupakan salah satu Yayasan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan  di Kota Tanggerang Selatan.
Hotel SPA Seapark: fitness in Giulianova, Abruzzo where to buy clen nude mpl nude fitness milf flexing and posing a purevitaminreviews.info
Kegiatan PKM ini berlangsung selama 1 hari  (8 Agustus 2022) yang diikuti oleh Mahasiswa Universitas Pamulang serta anak-anak Yayasan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Ihsan.

Kegiatan ini dilakukan di Aula Serba Guna Yayasan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Nurul Ihsan. Dengan jumlah anak-anak yang mengikuti kegiatan ini berkisar 120  orang.

Yayasan Nurul Ihsan ini bergerak pada bidang pendidikan dan pengasuhan bagi anak-anak kurang mampu dan para duafa untuk memfokuskan diri pada Ketaqwaan, Keterampilan dan Pendidikan yang merupakan harapan umat Islam Indonesia dalam membangun masyarakat dan peradaban Islam pada masa mendatang yang mempunyai tatanan yang harmonis dengan integritas moral yang tinggi.

Gambar 2: Suasana Saat PKM Berlanjut

Pada kegiatan kali ini, kami bermaksud untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak yayasan nurul ihsan bahwa pentingnya membentuk sikap sopan santun sejak dini. Tujuannya adalah adalah agar kita senantiasa bersikap sopan dan santun dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan beragama.

Sopan santun adalah peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekolompok manusia didalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat.

Sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari – hari, karena dengan menunjukan sikap santunlah, seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadaanya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada. Dalam kehidupan bersosialisasi antar sesama manusia, sudah tentu kita memiliki norma-norma / etika-etika dalam melakukan hubungan dengan orang lain. Dalam hal ini sopan santun dapat memberikan banyak manfaat atau pengaruh yang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Sopan santun harus diterapkan dimanapun sesuai dengan tuntutan lingkungan tempat kita berada. Contohnya seperti didalam lingkungan rumah, baik didalam maupun diluar lingkungan rumah, maka sopan santun yang harus diwujudkan antara lain :

Menghormati orang tua, bertingkah laku yang baik, berbicara dengan lemah lembut, berkata jujur, tidak melakukan perbuatan yang dapat menyakiti perasaannya seperti suka berbohong dan tidak mendengar nasehatnya.

Menyayangi adik, kakak, saudara, dan seluruh keluarga dengan cara bertutur kata yang baik, tidak berkata kasar dan menjaga hubungan yang harmonis dengan seluruh anggota keluarga.

Pada kegiatan tersebut Mereka diberi pemahaman tentang pengertian sopan santun, manfaat, dan mengapa perlu menerapkan sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

Diakhir kegiatan kami memberikan sesi tanya jawab kepada anak-anak mengenai hal yang telah narasumber sampaikan selama kegiatan sosialisasi berjalan.

Gambar 3: DPL dan Mahasiswa Saat Acara Berlangsung

Selanjutnya dari program ini adalah kita selaku orang tua sebaiknya menanamkan kembali pemahaman tentang sopan santun agar dapat membentuk sikap yang sopan dan santun sejak dini.

Adapun kelancaran dan kesuksesan Kegiatan PKM kali ini berkat dukungan penuh dari Universitas Pamulang dan para dosen yang turut menyukseskan diantaranya ibu Widia Astuti, S.E,M.M selaku dosen pembimbing, dan juga dari pihak Yayasan Nurul Ihsan.

 

Penulis : -Agus Setiawan,,Widia Astuti.,SE.,MM (dosen01265@unpam.ac.id)

 

Scroll to Top