UNPAM LOLOS SELEKSI KBMI (KEGIATAN BERWIRAUSAHA MAHASISWA INDONESIA)

manik1

Gambar 1: Foto Bersama antara Dosen Pendamping, Wakil Rektor III dan Mahasiswa Peserta KBMI PKM-K

Unpam ukir prestasi dalam bidang kewirausahaan, selain lolos pendanaan PKM-K-K, mahasiswa unpam juga mengukir prestasi lolos KBMI. Ada dua judul KBMI yang lolos dari Program Studi Manajemen S1 dan Akuntansi S1. Informasi diterima berdasarkan surat Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 0521/E2/KM/2021 tanggal 7 Februari 2021 perihal tawaran Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKM-K-KI) Tahun 2021 kepada mahasiswa untuk mengusulkan usaha pada Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI).

Unpam lolos seleksi dari sekitar 537 judul yang lolos seleksi pendanaan KBMI dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kedua judul KBMI dari Unpam yang lolos diantaranya “Nand Homemade” dan “RNA premium Shoe Cleaner.”

Selanjutnya, bagi perguruan tinggi penerima diwajibkan mengisi formulir biodata Pejabat Perguruan Tinggi yang akan menandatangani kontrak kerja antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Perguruan Tinggi melalui tautan ringkas.kemdikbud.go.id/FormIsianKBMI2021.

Sumber: http://kemahasiswaan.unpam.ac.id/ukir-prestasi-dalam-bidang-kewirausahaan-unpam-lolos-seleksi-kbmi-kegiatan-berwirausaha-mahasiswa-indonesia/

Berdasarkan hal tersebut, pemenang KBMI wajib menyerahkan laporan kegiatan wirausaha sampai 6 bulan ke depan yang diakomodir oleh PWMI (Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia) perwakilan dari Universitas Pamulang oleh Derita Qurbani, S.Psi., M.M. Dalam hal ini, Unpam memfasilitasi mahasiswa pemenang KBMI dari pengajuan proposal sampai laporan dengan didampingi oleh dosen pembimbing (Munarsih, S.S., M.M. dosen Prodi Manajemen dan  Afridayani, S.E., M.M. dosen Prodi Akuntansi) serta disupport dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Kemudian, pada hari Sabtu tanggal 25 September 2021, Unpam memfasilitasi mahasiswa pemenang KBMI tahun 2021 untuk mempresentasikan laporan KBMI.

Kegiatan dihadiri oleh mahasiswa dari program studi Manajemen S1 dan didampingi oleh dosen pembimbing Munarsih, S.S., M.M. Turut hadir pula mahasiswa dari program studi Akuntansi S1 didampingi oleh Afridayani, S.E., M.M. sebagai dosen pembimbing.

WhatsApp Image 2021-09-28 at 16.49.42 WhatsApp Image 2021-09-28 at 16.49.41

Tak lupa turut hadir Wakil Rektor III Dr. M. Wildan, S.S., M.A. dan Ibu Cornelia Dumarya Manik, S.E., M.M., C.T. Sebagai dosen bidang kemahasiswaan serta didukung oleh team support IT Universitas Pamulang.

Laporan KBMI untuk Prodi Manajemen dimulai pukul 15.45-16.00 dilanjutkan dengan laporan KBMI Prodi Akuntansi pada pukul 16.00-16.15.

Sebelum laporan KBMI dimulai Wakil Rektor lll menyatakan bahwa “Harapan kita kedepannya semoga Unpam dapat menjadi juara kembali ditahun berikutnya dengan mengukir prestasi yang lebih gemilang.” Imbuhnya dengan penuh semangat.

Laporan KBMI Universitas Pamulang berlangsung di Unpam Viktor lantai 8 melalui via zoom dan dihadiri oleh pemenang KBMI dari berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Laporan berisi tentang pertanyaan dan sharing kegiatan wirausaha mahasiswa pemenang KBMI.

Di tempat berbeda Kaprodi Manajemen S1 Universitas Pamulang Dr. Kasmad, S.E., M.M. mendukung penuh atas kegiatan ini. Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan memperoleh hasil yang diharapkan. Tolong terus ditingkatkan untuk lebih baik lagi, semangat!” Pungkasnya penuh harapan.

Dengan berbagai prestasi yang telah diukir, tentunya semakin membuka peluang Unpam untuk mencapai Visi dan Misi nya yaitu masuk peringkat 40 besar secara Nasional. Dalam hal ini, Unpam terus meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan berbagai kegiatan lain untuk terus meraih prestasi yang lebih baik. Unpam Jaya !!!

Penulis: Munarsih, S.S., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1 Universitas Pamulang)