SEMINAR STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) GENERASI MILLENIAL & GENERASI Z DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.16.16

Gambar 1: Foto Bersama Panitia Webinar

Sabtu, 30 Oktober 2021, Prgram Studi Manajemen Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan Webinar Nasional yang mengangkat tema, “STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) GENERASI MILLENIAL & GENERASI Z DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL ERA 5.0”. Dalam seminar ini yang menjadi ketua panitia adalah Bapak Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev. Dalam Webinar Nasional kali ini Program Studi Manajemen mengundang beberapa narasumber yang mumpuni dibidangnya. Dr. Muliahadi Tumanggor, S.Pd., M.M. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang) bertindak sebagai moderator di dalam seminar ini. Tujuan diadakannya seminar nasional ini adalah untuk membuka wawasan para generasi millenial dan generasi Z yang khususnya mahasiswa Manajemen dalam menghadapi persaingan era industri 5.0.

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.14

Gambar 2: Laporan Ketua Panitia Oleh Bapak Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev.

Dalam laporannya, Ketua Panitia menyampaikan Ucapan Terima kasih yang sebesar-besar nya kepada Bapak Dr. Kasmad, S.E., M.M. (Selaku Kaprodi Manajemen); Bapak Dr. Udin Ahidin, S.E., M.M. (Selaku Wakaprodi Manajemen), Bapak Drs. Waluyo Jati, M.M. (Selaku Sekretaris Prodi Manajemen), dan Bapak Iman Syatoto, S.E., M.M. (Selaku Kepala BAA Prodi Manajemen) atas support yang penuh atas terselenggaranya acara ini, dan berjalan sesuai dengan harapan bersama. juga tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Seluruh Bapak Ibu Panitia atas kerja sama yang baiknya sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar.

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.34

Bapak Dr. Muliahadi Tumanggor, S.Pd., M.M. (Selaku Moderator)

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.19 (3)

Gambar 3: Andri Priadi, S.E., M.M. (selaku MC)

Seminar Nasional ini dipandu oleh Andri Priadi, S.E., M.M. sebagai Master of Ceremony (MC) selaku dosen Universitas Pamulang. Seminar nasional ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudara Syibran Malasi sekaligus pembacaan doa yang merupakan mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Manajemen. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.16
Gambar 4: Sambutan sekaligus Pembukaan oleh Bapak Dr. Endang Ruhiyat, S.E., M.M.  (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang)

Acara dilanjutkan dengan sambutan yang oleh Dekan Program Studi Manajemen Dr Endang Ruhiyat, S.E., M.M. sekaligus membuka acara Seminar nasional ini. Meskipun seminar Nasional ini dilakukan secara daring tidak mengurangi antusias para mahasiswa hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai sumber, baik via Zoom ataupun Live Youtube.

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.20

Gambar 5: Pemateri Pertama Ibu Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M.

Pada Seminar nasional ini terdapat lima narasumber yang ahli di dalam bidangnya masing – masing. Pembicara di dalam seminar ini adalah Narasumber pertama Ibu Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M., kesimpulan dari materi yang beliau sampaikan adalah terdapat 10 skill yang harus dimiliki oleh generasi millenial (antara lain Complex Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, People Management, Coordinating With Other, Emotional Intelligence, Judgement And Decision Making, Service Orientation, Negotiation, Cognitive Flexibility).

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.30

Gambar 5: Pemateri ke-2 Bapak Anggrismono, S.E., M. Ec. Dev.

Narasumber kedua Bapak Anggrismono, S.E., M. Ec. Dev. (Ketua Program Studi Ekonomi, Universitas Amikom Yogyakarta), beliau fokus pada memperbanyak ilmu sebanyak-banyaknya, karena dalam menghadaapi Era 5.0 kacanggihan terkologi juga harus dibekali ilmu pengetahuan. Beliau menyampaikan bahwa Tuntunan Dalam Menapaki Jalan Ilmu adalah (1) Penolakan Irrasionalitas. Dengan demikian dari awal, seorang pemuda diberi imunitas terhadap segala mitos, tahayul, hoax dll. (2) Didikan Rasionalitas. Pemuda ditanamkan sikap kritis dan curious (ingin tahu lebih dalam). (3) Persetujuan pada eksperimen. Pemuda harapan umat didorong kreativitasnya untuk menggali ilmu baru dengan membaca alam. (4) Berburu hikmah dari mana saja. Sejarah menunjukkan para pemuda ketika itu berburu ilmu ke Barat maupun ke Timur.

 WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.33

Gambar 6: Foto Pemateri ke-3 Bapak Dr. Dodi Wirawan Irawanto

Narasumber ketiga Bapak Dr. Dodi Wirawan Irawanto (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Brawijaya). Beliau focus pemaparannya adalah milenial dan Z’ ers di Era 5.0 perspektif SDM. APA YANG DICARI Millenials & Z’Ers? yang dicari milenial dan generasi Z adalah  45% fleksibiltas kerja, 69% kehadiran fisik dikantor tidak penting, 72% harus berkontribusi dan memberi dampak,  83% kreativitas kerja sekecil apapun harus diberi feedback, dan 88% ingin kolega kerja adalah temannya. Selain itu Millenials dan Z’ers lebih mempercayai sosmed daripada pemberitaan resmi, dalam konteks bekerja mulai invest utk riset dalam memenuhi keb kerja, Millenials dan Z’ers lebih mempercayai sosmed daripada pemberitaan resmi, dalam konteks bekerja mulai invest utk riset dalam memenuhi keb kerja dan Millenials dan Z’ers lebih mempercayai sosmed daripada pemberitaan resmi, dalam konteks bekerja mulai invest utk riset dalam memenuhi keb kerja

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.37

Gambar 7: Foto Pemateri ke-4 Bapak Dr. Widodo Sunaryo

Narasumber keempat Bapak Dr. Widodo Sunaryo (Dosen Pascsarjana Universitas Pakuan, Bogor). Kesimpulan dari penyampaian beliau adalah Pengembangan individu Gen Y dan Gen Z dalam organisasi mengacu pada karakteristik generasi, kemampuan/ketrampilan, taraf pengelolaan manusia dalam organisasi, dan jenjang karir dalam organisasi. Wawasan tentang perkembangan masyarakat (5.0 dan lain-lain) menjadi pertimbangan dalam implementasinya

 WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.41 (1)

Gambar 8: Pemateri ke-5  Ibu Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, B.Acc., MSc., Ph. D.

dan pemateri kelima Ibu Prof. Wiwiek Rabiatul Adawiyah, B.Acc., MSc., Ph. D. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto). Beliau focus pada mengelola GENERASI MILENIAL di tempat kerja.

Materi yang di bagikan oleh kelima narasumber saling berkaitan dan juga menambah wawasan para peserta seminar mengenai persaingan yang terjadi di era saat ini. Hal ini terlihat dari pertanyaan yang di berikan para peserta yang mengikuti seminar. Materi yang diberikan berkaitan erat dengan persaingan global saat ini dimana generasi millenial serta generasi Z adalah generasi yang akan menjadi generasi mayoritas di dunia industri 5 hingga 15 tahun mendatang. Tak lupa pula dengan adanya teknologi yang semakin berkembang dimana generasi millenial serta Generasi Z yang sangat adaptif terhadap perkembangan teknologi menjadi keunggulan tersendiri dari generasi ini di banding generasi sebelumnya. Hal ini menjadi garis besar dari keseluruhan materi yang disampaikan oleh kelima narasumber.

Di dalam acara ini juga terdapat acara yang tidak kalah pentingnya, yaitu penandatanganan kerjasama antara Program Studi Manajemen yang di wakili oleh Dr. Kasmad, S.E., M.M. (Kepala Program Studi Manajemen) dengan beberapa pihak eksternal, diantaranya Universitas Amikom Yogyakarta yang diwakili Anggrismono, S.E., M.Ec.Dev., Universitas Brawijaya Malang, Universitas Pakuan Bogor, dan juga Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Kerjasama Universitas Pamulang dengan universitas – universitas di atas diharapkan membawa manfaat bagi semua pihak.WhatsApp Image 2021-11-01 at 13.40.40 (1)

Tanda Tangan PKS dan IA dari Universitas Amikom Yogyakarta

Tidak hanya berhenti pada acara penandatanganan kerjasama saja, Seminar nasional ini juga menerbitkan makalah yang dapat di akses secara online. Makalah – makalah yang ada dibuat langsung oleh para mahasiswa Prodi Manajemen yang mengikuti acara Seminar Nasional ini, hal ini diharapkan agar materi yang didapatkan tidak hanya berhenti pada mahasiswa Universitas Pamulang saja tapi juga bisa dinikmati oleh pihak luar.

WhatsApp Image 2021-10-30 at 21.21.15

Gambar 9 : Suasana Saat Webinar Nasional via Zoom

~~~MANAJEMEN…Unggul, Humanis dan Religius~~~

Penulis:

Wirawan Suryanto, S.E., M.M. (Dosen Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)

Editing:

Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev. (Dosen Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)