Seminar Nasional dengan Tema “Menumbuhkan Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha dan Produktif di Era New Normal”

WhatsApp Image 2020-08-07 at 16.33.30

Gambar 1: Suasana saat seminar via zoom

Program Studi Manajemen S-1 Universitas pamulang menyelenggarakan Seminar Nasional dengan Tema “Menumbuhkan Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha dan Produktif di Era New Normal” via Zoom pada hari Sabtu 25 Juli 2020. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Sasmita Grup Dr. HC., H Darsono; Bapak Rektor Universitas Pamulang Dr. Dayat Hidayat, S.E., M.M. Saat Sambutannya Ketua Yayasan Menyatakan bahwa sangat berterima kasih kepada Kaprodi Manajemen karena ditengah mewabahnya pandemic Covid-19 masih intens mengadakan agenda akademik meski dengan keterbatasan via Zoom. Namun tidak mengurangi semangat prodi manajemen untuk melakukannya. Dan beliau berharap kegiatan ini dapat diikuti juga oleh prodi-prodi lain di lingkungan Universitas pamulang. Selanjutnya Bapak Rektor Menayatakan juga pada sambutannya bahwa kegiatan seperti ini sebisa mungkin harus dilakukan di msing-masing prodi, supaya mahasiswa tetap semangat dalam menambah wawasan meskipun via Zoom.

Selanjutnya, Kegiatan Seminar ini yang menjadi Ketua Panitianya adalah Bapak Komarudin, S.Pd., M.M. beliau menyatakan bahwa kegiatan seminar ini diikuti oleh kurang lebih 1500 peserta, hanya saja sebagaian dari bersetra sebanyak 500 orang ikut via zoom, dan sisanya bisa live streaming via youtube. Dan pada keksempatan ini juga Bapak Kaprodi Dr. Kasmad, S.E., M.M. mengucapkan terima Kasih kepada segenap panitia yang telah berjuang mengumpulkan masa meski acaranya sebenarnya harus dilakukan pada Bulan Maret lalu, dan baru terlaksana pada hari sabtu 25 Juli 2020 lalu. Hal demikian tidaklah mudah untuk mengumpulkan kembali para peserta seminar menginggat tidak bisa secara langsung melakukan sosialisasi tiap-tiap kelas. Ini harus diapresiasi perjuangan para panitianya.

Seminar dengan tema Menumbuhkan Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha dan Produktif di Era New Normal, yang menjadi Narasumber nya adalah Bapak Robby Habibi, SHI., CHI., CPS., CPM. Dan sebagai moderatonya adalah Ibu Risza El-Burzah, S.E., M.M. Bapak Robby Habibi adalah salah 1 motivator kocak Nomor 1 Indonesia, master tutor CPM, dan lain-lain. poin penting dari isi pemarannya via zoom bahwa  dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha dan Produktif di Era New Normal adalah harus melakukan hal berikut:

  • Pikiran dan perasaan yang positif mampu mengubah keadaan lebih baik lagi (TRAIN YOUR MINDSET)
  • Mulailah latih kebiasaan baru yang memberdayakanmu ,sikap yang lebih baik ,bahasa tubuh yang lebih energik , senyum yang tulus dan kebiasaan berbagi dalam hal apapun yang baik (TRAIN YOUR HABITS)
  • Mulailah melatih kata kata yang optimis , penuh harapan ,doa dan rasa syukur dalam kata kata .berkata katalah yang baik atau diamlah (TRAIN YOUR WORDS)
  • Biasakan belajarahal- hal baru baik bersifat pengetahuan terkini atau pengalaman yang meningkatkan kualitas hidup. Bangun relasi dengan komunitas pembelajar (ALWAYS OPEN YOUR MIND)
  • Nikmatilah hidup dengan berkarya dan bermanfaat dimanapun dan kapanpun berikanlah yang terbaik (Enjoy your life and Do your best)

WhatsApp Image 2020-08-07 at 16.45.44

Gambar 2: Suasana Foto Bersama Seluruh Panitia Setelah Acara Seminar Selesai

Akhirnya acara seminar tersebut berjalan dengan lancar dan antusias peserta seminar dengan sangat meriah itu dibuktikan dengan peserta masih bertahan mengikuti dari pukul 09.30 sampai pukul 12.30.

 

 

Penulis

*Jamaludin,S.E.I., M.Ec.Dev. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)