PKM Prodi Manajemen S-1, Tema “PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN WARGA DENGAN EKONOMI DIGITAL YANG KREATIF DAN INOVATIF DALAM MASA PSBB”

jeni 1

Pamulang – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh dosen-dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang adalah salah satu bentuk pelaksanaan dari kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan PKM kali ini dilaksanakan dengan tema “Pelatihan untuk Meningkatkan Pendapatan Warga Dengan Ekonomi Digital yang kreatif dan Inovatif dimasa PSBB”, bertempat di Balai RW 15 Benda Baru, pada tanggal 25 oktober 2020.

Kegiatan PKM ini dapat berjalan dengan baik atas kerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Benda Baru. Berawal dari pertemuan kami dengan pihak LPM Benda Baru  yang diketuai oleh Bapak Sukendro Widiatmoko, S.AP,  Ketua Satgas Corvid-19 di Vila Dago Pamulang Bapak Juni Sukasmono S.E. dan beberapa ketua RW di Benda Baru  membahas tentang perlunya peningkatan pemahaman masyarakat tentang bagaimana gaya hidup dalam mencegah penyebaran virus corvid-19, dan bagaimana warga dapat melalui masa pandemi ini yang berdampak pada kehidupan social ekonomi mereka. Berdasarkan pembahasan tersebutlah maka kami, dosen-dosen Manajemen Universitas Pamulang menyusun kebutuhan pelatihan untuk masyarakat di Benda Baru yaitu dalam bentuk pelaksanaan kegiatan Pengabadian Kepada Masyarakat (PKM), dengan dibantu oleh beberapa mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang.

Kegiatan PKM ini memberikan pelatihan kepada kurang lebih 30 warga dari RW 14 dan RW 15 di Benda Baru yang terdiri dari ibu ibu PKK, Posyandu, UMK dan anggota Bank Sampah. Pada kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua LPM, Bapak Sukendro Widiatmoko S.AP yang memberikan sambutan akan pentingnya hidup sehat dan bersih dalam memutus rantai penyebaran virus corvid-19, dan bagaimana menyikapi masalah yang disebabkan oleh pandemi ini dengan bijaksana. Pelatihan pada kegiatan ini dimaksukkan untuk memotivasi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dimasa PSBB ini.  Kemudian disambut baik oleh Ketua RW 15 yaitu Bapak H. M. Bilqis selaku tuan rumah.

jeni 2

Kegiatan Pelatihan ini berlangsung dari jam 9:00 pagi hingga jam 14:00 WIB, dimana susunan agenda kegiatan terdiri dari pemberian arahan dan tujuan dari PKM ini oleh Bapak Fakung Rahman, S.E., M.M., kemudian pemberian motivasi tentang pentingnya penyesuaian perilaku terhadap new normal yang diberikan oleh ibu Cornelia Dumarya Manik, S.E., M.M. Pemberian motivasi kewirausahaan dan e-marketing oleh ibu Dr. Sri Retnaning Sampurnaningsih MSc., selaku ketua dari kegiatan PKM ini. Dilanjutkan dengan pelatihan e-marketing dengan menggunakan aplikasi Imooji, dan aplikasi PICSART yang dipandu oleh ibu Nani, S.Sos., M.M. dan bapak Achmad Ludvy, S.E., M.M. Kegiatan PKM ini juga melibatkan peran serta beberapa mahasiswa dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang.

Pada intinya bahwa kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan solusi dimasa PSSB, dimana hampir semua lapisan masyarakat terdampak, tidak hanya kesehatan tetapi social ekonomi juga mengalami dampak serius. Pembatasan aktivitas atau PSBB ini berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada pendapatan masyarakat. Dengan memberikan motivasi untuk berwirausaha dapat menjadi tambahan pendapatan atau pun dapat menjadi pendapatan utama dari keluarga. Dan pada masa ini, penerapan ekonomi digital sudah menjadi keutamaan dalam menjalan kan bisnis. Terhambatnya aktivitas perekonomian otomiatis pelaku usaha melakukan efisiensi untuk menekan biaya-biaya, melalukan kreativitas dan inovasi produknya dan melakukan pemasaran online (e-marketing). Pada kegiatan ini, pada dosen Manajemen Universitas Pamulang mengajarkan beberapa aplikasi yang dapat membantu untuk memasarkan produk secara online, yaitu aplikasi Picsart dan Imooji. Kedua aplikasi ini dapat dishare ke social media seperti Wa, Ig, Facebook, dan twitter.

jeni 3

Manfaat dari PKM ini menambah wawasan dan ketrampilan warga dalam menggunakan digital marketing yang dapat meningkatkan pendapatan mereka dan bertahan dalam menghadapi dampak social ekonomi dimasa pandemic ini. Selain itu menguatkan usaha kecil menengah dilingkungan mereka.

Diharapkan bahwa kegiatan ini dapat berlangsung secara berkesinambungan sehingga akan terbentuk jaringan UMKM di wilayah kelurahan Benda Baru dan dapat didampingi hingga   tercipta ekonomi kreatif ekonomi mandiri masyarakat di masa depan. Hal ini sesuai dengan visi misi dari LPM yang kemudian dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Pamulang dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dengan No. 041033/MOA/2020/1062.  ###