PKM Mahasiswa, Tema “PROGRAM PENGEMBANGAN POLA FIKIR ANAK MELALUI KEGIATAN INTERAKTIF”

WhatsApp Image 2021-06-07 at 12.19.27 (1)

Gambar 1: Foto Tim PKM, Mitra PKM dan Peserta PKM

Kegiatan Sosial kemasyarakatan ini di lakukan oleh Mahasiswa dari Universitas Pamulang yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bekerja sama dengan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Thariqul Jannah yang beralamat di Jl.Hr. Rasunasaid RT/RW 002/003 Kel.Pakojan Kec.Pinang Kota Tangerang. Kegiatan ini di Ketuai oleh Syifa Nurfajrina dan Ibu Sri Mardiana, S.E., M.M selaku Dosen Pembimbing. Pelaksanaan di lakukan di Hari  Minggu, 2 Mei 2021. Kegiatan ini bermaksud untuk membangun pola fikir anak yang kreatif dengan sebuah kegiatan yang interaktif apalagi di masa era digital seperti ini banyak para anak usia dini yang sudah kecanduan dengan gadget.

Dalam penyelenggaran acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini di bantu oleh para remaja masjid Thariqul jannah, dan dihadiri oleh beberapa anak-anak lingkungan sekitar Masjid Thariqul Jannah. Kami selaku penyelenggara sangat berterima kasih dan senang atas antusiasme para remaja masjid dan warga untuk kegiatan membangun pola fikir anak dengan berbagai macam kegiatan yang positif ini. Adapun kegiatan ini merupakan program wajib dari Universitas Pamulang yang dilakukan oleh mahasiswa pada semester 6.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupkan bentuk kepedulian Mahasiswa/I Universitas Pamulang dan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Thariqul Jannah terhadap anak-anak sekitar lingkungan Masjid Thariqul Jannah. Karena banyak anak usia dini kini lebih asik bermain dengan gadget dibandingkan bermain dengan anak seusia mereka. Oleh karena itu kami sebagai Mahasiswa dan Remaja masjid ingin memberikan sosialisasi kepada para anak-anak usia dini dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang interaktif.

Materi disampaikan oleh Rahmat Rosadi dan Syifa Nurfajrina dan moderator oleh perwakilan Mahasiswa Universitas Pamulang. Mengatakan bahwa untuk membangun karakter yang baik seorang anak adalah dengan cara mengubah pola fikir mereka terhadap artinya hidup dan cita-cita. Oleh karena itu kami menggunakan cara dengan melakukan sebuah motivasi, games yang dapat membangun karakter seorang anak, dan tanya jawab tentang ilmu pengetahuan dan diselingi pemberian doorprize bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan dari kami maupun pihak remaja masjid.

WhatsApp Image 2021-06-07 at 12.19.27

Gambar 2: Suasana Saat PKM Berlangsung

Adapun tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah agar anak-anak semangat dalam belajar dan peduli terhadap cita-cita mereka dimasa depan.

Penulis

Syifa Nurfajrina (Mahasiswa Prodi Manajemen S1, Universitas Pamulang)