PKM Mahasiswa, Tema “Perilaku Hidup Sehat dan Bersih Terhadap Anak-anak di Masa Pandemi “

rahmi

Foto Saat PKM Berlangsung

Dimasa pandemi ini banyaknya kasus yang terjadi atas penyebaran virus covid-19 atau corona. Dengan banyaknya kasus yang meningkat dan berkeinginan memberikan kesadaran kepada anak – anak akan pentingnya kesehatan dan kebersihan diri, maka mahasiswa PKM tahun akademik 2020/2021 yang mengabdi di Yayasan Yatim dan Dhuafa Ishlahul Hayat ikut berpartisipasi untuk memberikan penyuluhan atau himbauan kepada anak-anak untuk melakukan hidup sehat dan bersih dimasa pandemi ini, serta mengedukasikan tentang bagaimana pencegahan  penyebaran virus covid-19 ini. Kegiatan ini bertujuan agar anak – anak lebih perduli akan kesehatan dan kebersihan diri serta pentingnya mantaati protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19. Oleh sebab itu,  mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pamulang  berinisiatif untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan judul “Perilaku Hidup Sehat dan Bersih Dimasa Pandemi”.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukannya terhadap anak-anak di Yayasan Yatim Dan Dhuafa Ishlahul Hayat, diketahui bahwa anak-anak panti sangat membutuhkan pendampingan dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama masa pandemic Covid-19 serta pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Untuk itu mahasiswa sebagai rasa peduli dan empatinya melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan penyuluhan kepada mereka,

Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan pada hari Sabtu, 3 April 2021, di Yayasan Yatim dan Dhuafa Ishlahul Hayat, dengan didampingi Ibu Rahmi Hermawati, S.Pd., M.M, CHRA. Anak-anak panti ini diberikan penyuluhan tentang pola hidup sehat dan simulasi bagaimana cara hidup sehat selama pandemi. Agar acara lebih menarik, para mahasiswa (Ropiu, Fitria, Rahmanisya, Mike, dan Ary) membuat game dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan reward bagi anak-anak yang bisa menjawab dengan benar berupa hadiah yang bermanfaat bagi mereka dalam belajar, seperti buku tulis, tempat pensil, pensil, dan sebagainya. Di sini terlihat sekali keseruan dan keakraban antara para mahasiswa dan anak-anak panti.

Setelah acara selesai mahasiswa memberikan sumbangan berupa sembako sebagai rasa pedulinya terhadap sesama, khussunya anak-anak yatim piatu. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama-sama dengan pihak pengurus panti, mahasiswa,  anak-anak panti dan dosen pembimbing.

Pengurus panti sangat senang dengan adanya program ini dan berharap agar mahasiswa Universitas Pamulang bisa melakukan kegiatan ini secara berkala. Mereka membuka pintu selebar-lebarnya dan sangat mendukung kegiatan ini. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa bisa memotivasi anak-anak panti untuk belajar seperti kakak-kakak mahasiswa.

Semoga setelah penyuluhan ini, anak-anak panti dapat menerapkan cara hidup bersih dalam new normal pada masa pandemi, dengan melakukan gerakan 5 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi).