PKM Mahasiswa, Tema “MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP KARYAWAN TPST””

 

WhatsApp Image 2021-06-08 at 09.53.48

Foto Team PKM Mahasiswa yang di ketuai oleh Hernia Amalia Mahasiswa Semester Empat Program Studi Manajemen universitas Pamulang

Manajemen merupakan salah satu program studi yang ada di Universitas Pamulang. Program studi ini memiliki andil dalam mencetak lulusan yang berkarakter serta mampu bersaing didalam dunia kerja,serta dapat berperan bagi pembangunan bangsa dan negara. Pengabdian Kepada Masyarakat atau yang biasa di sebut dengan PKM ini merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian, sesuai undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 20 ayat 2 dinyatakan: ”Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”. Pada Pasal 24 ayat 2 disebutkan: ”Perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat”.

Program PKM ini merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip: motivasi pemenuhan kompetensi akademik, jiwa kewirausahaan, dan profesional, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

 WhatsApp Image 2021-06-08 at 09.54.02

Foto saat PKM sedang berlangsung di Lingkungan TPST 3R Griya Bersih Asri Kelurahan Pondok Benda dengan mematuhi protokol kesehatan

WhatsApp Image 2021-06-08 at 09.54.11

Foto Team PKM Mahasiswa yang sedang melakukan Presentasi kepada karyawan  TPST 3R Griya Bersih Asri dan masyarakat

PKM kali ini mengenai penyuluhan bagaimana caranya menumbuhkan jiwa Entrepreneurship terhadap karyawan TPST 3R Griya Bersih Asri kelurahan Pondok Benda. Dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat dan benar dengan mewajibkan audience untuk memakai masker, dan menjaga jarak satu sama lain. PKM yang dilaksanakan ini diketuai oleh Hernia Amalia, beserta anggota Laelatun Hamdiyah, Tiara Rafflia Rossa, Rukman Hadi, dan Adrian Albert serta Bapak Aria Aji Priyanto, S.E.,M.M. selaku Dosen pembibing dan pengawas pelaksanaan kegiantan PKM ini.

Dalam pelaksanaan PKM kali ini sambutan hangat dan baik diberikan oleh Bapak H.Syafaruddin AH selaku pemilik TPST 3R Griya Bersih Asri. Audience dalam PKM mahasiswa kali ini adalah karyawan TPST, masyarakat sekitar yang di hadiri juga oleh para tokoh masyarakat sekitar.

PKM ini dilaksanakan dengan metode presentasi dan tanya jawab sebagai bentuk penyuluhan dan berbagai ilmu pengetahuan kepada karyawan dan masyarakat dengan harapan karyawan TPST dan masyarakat sekitar semakin peduli terhadap lingkungan yang ada di sekitar TPST 3R Griya Bersih Asri, dan juga dapat memanfaatkan sisa – sisa sampah rumah tangga seperti plastik bekas bungkus detergen, minyak, atau kopi, lalu kardus, dan botol-botol bekas menjadi barang yang bernilai jual dan berpontensi menjadi lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat di sekitar TPST.

Karyawan TPST dan masyarakat juga dapat memanfaatkan limbah sisa-sisa sampah rumah tangga seperti sayuran, buah, dan daun-daunan kering yang ada disekitar untuk di jadikan sebagai pupuk organik atau kompos. Selain dapat menambah lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, dampak positif seperti lingkungan yang ikut menjadi bersih tanpa adanya sampah sampah yang berserakan dipinggir jalan atau tempat sampah yang kadang tidak terurus, aroma tidak sedap yang di timbulkan dari sampah yang menumpuk pun dapat berkurang.

WhatsApp Image 2021-06-08 at 09.54.23

Foto bersama dengan Ketua TPTS 3R GRIYA BERSIH ASRI Bapak H.Syafaruddin AH. Dosen pembimbing PKM Mahasiswa Bapak Aria Aji Priyanto, S.E., M.M., tokoh masyarakat, serta Ketua Tim PKM Hernia Amalia.

Di akhir PKM ini kami selaku tim PKM Mahasiswa Universitas Pamulang mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak H.Syafaruddin AH beserta para karyawan TPS dan tokoh masyarakat atas kesempatan yang diberikankepada kami sehingga dapat terselenggaranya kegiatan ini dengan baik. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Aria Aji Priyanto, S.E., M.M. yang telah membimbing dan banyak membantu kami dalam proses kegiantan PKM ini sehingga dapat terlaksana dengan baik tanpa ada satu kendala apa pun. Semoga atas niat baik, tulus, dan ikhlas dalam memberikan pengetahuan yang kami tahu mengenai Entrepreneurship dan cara menumbuhkan jiwa Entrepreneurship itu sendiri, akan sangat berguna bagi karyawan TPST dan masyarakat sekitar untuk menambah pendapatan sekaligus semakin peduli untuk menjaga kebersihan dilingkungan sekitar TPST.

WhatsApp Image 2021-06-08 at 09.54.36

Foto bersama Tim PKM dan penduduk sekitar TPST 3R Griya Bersih Asri

Penulis

 Tiara Rafflia Rossa (Anggota PKM Mahasiswa Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)