PKM Mahasiswa, Tema “MENGURANGI PLASTIK HEMAT PENGELUARAN”

WhatsApp Image 2021-04-23 at 15.05.39

Gamabr 1: Foto Team PKM Mahasiswa yang di Ketuai oleh Syiefa Fatria Legina Mahasiswa Semester Tiga Program Studi Manajemen Universitas Pamulang

Manajemen merupakan salah satu program studi di Universitas Pamulang. Program studi ini memiliki andil dalam mencetak lulusan yang berkarakter serta mampu bersaing di dalam dunia kerja, serta dapat berperan bagi pembangunan. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. PKM yang merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Program PKM merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip prinsip motivasi pemenuhan kompetensi akademik, jiwa kewirausahaan, dan profesional, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

WhatsApp Image 2021-04-23 at 15.04.41

Gambar 2: Foto penyerahan plakat oleh Ketua Team PKM Mahasiswa Syiefa Fatria Legina kepada Ketua TPS 3R Griya Bersih Asri Bapak Syafaruddin AH yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Bapak Aria Aji Priyanto S.E,. M.M

PKM yang bertemakan pengurangan penggunaan plastik agar menghemat pengeluaran dan pelestarian lingkungan bertempat di TPS 3R Griya Bersih Asri Kelurahan Pondok Benda dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker dan menjaga jarak. Audience dalam PKM Mahasiswa ini adalah karyawan TPS 3R dan masyarakat sekitar yang dihadari juga oleh ketua lingkungan serta tokoh masyarakat sekitar TPS 3R Griya Bersih Asri. PKM Mahasiswa ini dilaksanakan dengan  metode presentasi sebagai penyuluhan agar karyawan dan masyarakat peduli dengan sampah limbah plastik, memberi informasi tentang lamanya daur ulang plastik sehingga tidak ramah lingkungan.  Kegiatan menekankan akan kesadaran pentingnya membuang sampah pada tempatnya agar memudahkan karyawan TPS 3R untuk mengelola sampahnya dan menjaga lingkungan sekitar agar bebas dari sampah.

WhatsApp Image 2021-04-23 at 15.05.01

Gambar 3: Foto saat PKM sedang berlangsung di TPS 3R Griya Bersih Asri Kelurahan Pondok Benda dengan mematuhi protokol kesehatan

 WhatsApp Image 2021-04-23 at 15.04.42

Gambar 4: Foto Team PKM Mahasiswa sedang melakukan presentasi kepada masyarakat dan karyawan TPS 3R Griya Bersih Asri

PKM mahasiswa ini dibimbing oleh Bapak dosen Aria Aji Priyanto S.E.,MM diketuai oleh Syiefa Fatria Legina beserta anggota lainnya yaitu Qori Auliana Putri, Fazah Annisa, Yosi Fadillah, Nurul Kiranti. Dalam pelaksanaan PKM ini sambutan hangat dan baik diberikan oleh Bapak Syafaruddin AH selaku ketua TPS 3R Griya Bersih Asri. Harapan kami dengan PKM ini masyarakat dapat mengurangi penggunaan plastik dengan menggunakan tas kain agar bisa mengemat biaya pengeluaran serta mengurangi sampah plastik.

WhatsApp Image 2021-04-23 at 15.05.09

Gambar 5: Foto dengan Ketua Tps 3R Griya Bersih Asri Bapak Syafaruddin AH , Dosen Pembimbing PKM Mahasiswa Bapak Aria Aji Priyanto  S.E,. M.M. , Tokoh Masyarakat, Karyawan TPS dan Masyarakat Sekitar TPS.

Di akhir PKM ini kami selaku tim PKM mahasiswa Universitas Pamulang Program Studi Manajemen S1 sangat berterimakasih kepada bapak Syafaruddin AH beserta tokoh masyarakat atas kesempatan yang diberikan sehingga dapat terselenggara kegiatan ini dengan baik. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Aria Aji Priyanto, S.E,. M.M yang telah membimbing kami dan banyak membantu dalam proses kegiatan PKM ini sehingga dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan PKM ini dapat memberikan pengetahuan serta kesadaran akan pentingnya penggunaan tas kain untuk mengurangi penggunaan plastik dan untuk mengurangi sampah plastik dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar agar lingkunganya terjaga dengan baik.

Penulis

*YOSI FADILLAH, NIM 191010551273 (Mahasiswa Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)