PKM Mahasiswa, Tema “Mencetak Generasi SDM Unggul di SMP Inspirasi Baznas”

WhatsApp Image 2021-04-25 at 16.47.22

Sejumlah mahasiswa dan dosen Universitas Pamulang melaksakan kunjungan ke sekolah menengah pertama SMP Inspirasi BAZNAS Depok, Sabtu (13/03/2021)

Adanya Covid-19 seperti sekarang ini mengharuskan kita semua untuk di rumah saja. Hal ini sesuai dengan surat edaran nomor 3 tahun 2020, sehingga dapat menghindarkan diri dari penyebaran virus. Dengan upaya ini kita dapat berusaha mencegah penularan. Tentu saja kita juga harus menaati protokol kesehatan seperti menghindari dari keramaian (Sosial Distancing), rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, dan tetap menjaga kesehatan.

Tim PKM Unpam terdiri dari Syarifah Ida Farida S.E., M.M. selaku Dosen Pembimbing, dan narasumber Robby Kharisma, MM dan beberapa mahasiswa diantaranya Cindira Namirah, Fathi Perkasa Gema Budiman, Fazriah Sekarni Oktavia,  Finola Kintan Reswati, Yuli Sulistiowati. Adapun materi mengenai Pentingnya Pengembangan SDM Di Masa Pandemi merupakan pokok bahasan dalam program PKM ini.

WhatsApp Image 2021-04-25 at 16.47.22 (1) WhatsApp Image 2021-04-25 at 16.47.21
Suasana saat kegiatan PKM berlangsung

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan suatu bangsa. Secara umum, faktor-faktor seperti sumber daya alam, material dan finansial tidak akan memberi manfaat secara optimal untuk perbaikan kesejahteraan rakyat bila tidak didukung ketersediaan faktor SDM baik secara kualitas maupun kuantitas.

Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur. Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional.

Dalam kaitan ini, terdapat beberapa hal yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM, pertama adalah sistem pendidikan yang baik dan bermutu. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan penataan terhadap sistem pendidikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Pemerintah dalam hal ini memiliki peran penting dalam penyelenggaran sistem pendidikan yang efektif dan efisien, berorientasikan pada penguasaan iptek, serta merata di seluruh pelosok tanah air.

Kedua adalah penguatan peran dalam kehidupan sosial bermasyarakat dalam rangka memperkokoh jati diri dan kepribadian bangsa (character building). Ketiga adalah peningkatan SDM melalui berbagai diklat, kompetensi, pembinaan dan lain-lain. Tenaga kerja profesional dan terampil sesuai tuntutan/kebutuhan pasar merupakan faktor keunggulan suatu bangsa dalam menghadapi persaingan global. Pemerintah memegang peranan penting dalam menyiapkan program-program strategis guna menghasilkan SDM berkualitas dan siap memasuki pasar kerja. Keempat adalah, pembinaan dan pengembangan masyarakat terutama generasi muda. Sebagai penopang utama dalam roda pembangunan, pemberdayaan generasi muda diharapkan dapat menciptakan generasi yang kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi serta mampu berkonstribusi dan memenangkan persaingan global.

Upaya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, kreatif dan inovatif dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0 tidak terlepas dari sinergi kebijakan antar pemangku kepentingan pada sektor terkait dan lintas sektor dan mutlak diperlukan guna menyatukan sumber daya dan potensi yang ada bagi percepatan pembangunan SDM.