PKM Mahasiswa, Tema “GERAKAN BERSIH MASJID UNTUK MENCEGAH COVID 19”

WhatsApp Image 2021-06-07 at 11.20.22

Gambar 1: Foto Tim PKM

Kegiatan Sosial kemasyarakatan ini di lakukan oleh Mahasiswa dari Universitas Pamulang yang tergabung dalam kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bekerja sama dengan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Thariqul Jannah yang beralamat di Jl. Hr. Rasuna Said RT/RW 002/003 Kel.Pakojan Kec.Pinang Kota Tangerang. Kegiatan ini di Ketuai oleh Erwin Maulana dan di damping oleh Ibu Sri Mardiana, S.E., M.M. Pelaksanaan di lakukan di Hari  Minggu, 2 Mei 2021. Kegiatan ini bermaksud agar masjid-masjid menjadi rumah ibadah yang nyaman dan untuk mencegah penyebaran Covid 19 saat melakukan ibadah.

Dalam penyelenggaran acara PKM ini di bantu oleh para remaja masjid Thariqul jannah. Kami selaku penyelenggara sangat berterima kasih dan senang atas antusiasme para remaja masjid dan warga untuk kegiatan bersih masjid ini. Adapun kegiatan ini merupakan program wajib dari Universitas Pamulang yang dilakukan oleh mahasiswa pada semester 4 ke atas.

Gerakan Bersihkan Masjid awalan kecil, langkah pertama, dari gerakan mahasiswa dan masyarakat yang akan menjadi gelombang besar: gerakan cinta masjid, gerakan kembali ke masjid., Sebagai wahana besar peradaban. Kegiatan bersih masjid ini dimulai dari menyapu lantai, mengepel,  sampai membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu yg cukup berkerak.

WhatsApp Image 2021-06-07 at 11.20.22 (2) WhatsApp Image 2021-06-07 at 11.20.22 (1)

Gambar 2: Suasana Saat PKM Berlangsung

Acara PKM ini selain kami bersih bersih masjid, Mahasiswa/i Universitas Pamulang juga memberikan Infaq untuk keperluan masjid, yang diberikan oleh saya selaku ketua sebagai perwakilan mahasiswa.  Adapun tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk lebih peduli terhadap kebersihan masjid agar ibadah makin nyaman dan khusyuk terutama pada masa saat pandemic Covid 19 ini. Kami berharap dengan kegiatan bersih masjid ini bisa bermanfaat untuk warga sekitar masjid Thariqul Jannah.

Ditulis Oleh :

Erwin Maulana (Mahasiswa Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)