PKM MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG “PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN.”

111123

Gambar 1: Foto bersama antara tim PKM dan Para Siswa/i SMPN 13 Tangerang Selatan

Tangsel, UNPAM. Bertempat di SMPN 13 Tangerang Selatan , pada tanggal 17-19  Februari 2021, Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara online, sebagai salah satu bentuk implementasi ilmu yang didapat di Perguruan Tinggi. Kegiatan PKM ini didampingi oleh dosen pembimbing dan didukung oleh Kepala Sekolah SMPN 13 Tangsel dengan tema “Pengaruh Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan”.

Pelaksanaan PKM ini dilakukan secara online dan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, dengan tidak adanya perkumpulan atau berkelompok. Siswa/i tetap bisa mengikuti PKM di rumah masing-masing. Kegiatan PKM ini dilaksanakan oleh para mahasiswa dan mahasiswi UNPAM, yaitu Rifki Munandar sebagai ketua dan yang sebagai narasumbernya yaitu Ismaya, Nabila Nindy Ayu Putri, Novita Amelia Lestari, Rizki Amelia. Serta disetujui oleh Ibu Hj. Ratnawati, S.Pd. M.M. selaku Dosen Pembimbing dan Kepala Sekolah SMP Negeri 13 Tangerang Selatan.

Acara ini dimulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh Ibu Hj. Ratnawati, S.Pd. M.M. selaku dosen pembimbing dan Kepala Sekolah SMPN 13 Tangsel dengan paparan tujuan PKM ini untuk pemenuhan tugas dan ingin membantu masyarakat, sekaligus ingin  menjadikan adik-adik sekalian lebih memahami akan pengaruh teknologi di dunia pendidikan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pada hari kedepannya.

1111233

Gambar 2: Penyampaian Materi yang Disampaikan Oleh Narasumber

Selanjutnya paparan materi disampaikan oleh para mahasiswa Universitas Pamulang yang disampaikan oleh narasumber, yaitu Ismaya, Nabila Nindy Ayu Putri, Novita Amelia Lestari, Rizki Amelia yang menjelaskan kepada adik-adik, bagaimana agar adik-adik tersebut mendapatkan pengetahuan tentang materi pengaruh teknologi di dunia pendidikan dan kegunaannya bahkan prospek kerja apa yang akan di dapat kedepannya. Di dalam kegiatan PKM ini juga, MC memberikan kesempatan untuk adik-adik melakukan tanya jawab atau diskusi mengenai topik PKM ini maupun diskusi hal lain. Para siswa/i banyak yang berdiskusi mengenai prospek mereka kedepannya. Ada yang bertanya mengenai dunia perkuliahan, hubungan antara minat dan bakat, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada pula yang berdiskusi mengenai topik PKM ini. Dari situlah para siswa/i akan mampu menyerap lebih banyak pemahaman mengenai materi ini dengan lebih baik lagi.

11112

Gambar 3 : Suasana Kegiatan PKM

Menarik kesimpulan dari hasil kegiatan tersebut, adik-adik memahami bahwa teknologi itu bukan hanya diperlukan untuk pembelajaran biasa tetapi untuk keperluan sehari-hari karena dengan kita mengetahui pentingnya pengaruh teknologi didunia pendidikan, kehidupan sehari-hari akan semakin terarah dan terencana dengan baik. Selain itu, pengaruh teknologi di dalam dunia pendidikan tidak hanya memberikan manfaatnya saja, tetapi kadang malah memberikan efek negative. Oleh karena itu, kita perlu bijak dalam menggunakan teknologi yang ada.

Kegiatan PKM ini berjalan dengan baik serta lancar dan mendapat sambutan atau respon yang positif dari para siswa/i SMPN 13 Tangsel. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, para siswa/i mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Penulis:

Rifki Munandar, Ismaya, Nabila Nindy Ayu Putri, Novita Amelia Lestari, Rizki Amelia (Mahasiswa Prodi Manajemen S-1, Universitas Pamulang)