PKM MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG “MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK – ANAK YAYASAN KAFILATUR ROSUL MELALUI KREATIVITAS”

Salah satu tugas mahasiswa selain belajar adalah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). PKM yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa  prodi manajemen Universitas Pamulang dilaksanakan pada semester genap ini, kelompok kami melakukan kegiatan PKM  pada tanggal 12 Maret 2021 di Yayasan Kafilatur Rosul, Pamulang 2 dengan tema “meningkatkan kepercayaan diri anak – anak yayasan kafilatur rosul melalui kreativitas”.

Kegiatan PKM ini dilakukan masih dalam kondisi pandemi covid 19 yang mana aktivitas masyarakat masih dibatasi, melalui diskusi kepada ketua Yayasan Ust. Ahmad Nawawi Barat menghendaki bahwa kegiatan ini dilalukan dengan menaati protokol kesehatan yaitu seluruh anak – anak  yang ada di yayasan wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum melaksanakan kegiatan dan  dapat menjaga jarak dengan baik.

WhatsApp Image 2021-04-30 at 18.17.28 (1)

Foto anak – anak Yayasan Kafilatur Rosul, Pamulang 2

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Wisnu Dwi Budianto dan anggotanya yaitu Neli Musyayadah,  Samrotul Jannah, Tri Harini dan Umroh. Kedatangan kelompok kami disambut baik oleh ketua yayasan dan beberapa pengurus yang ada di yayasan tersebut. Beliau berharap dengan diadakannya PKM ini dapat memberikan ilmu baru dan kretivitas baru bagi anak – anak yang ada di yayasan sehingga menjadi lebih baik dalam melakukan kegiatan ataupun pelayanan terhadap masyarakat.

WhatsApp Image 2021-04-30 at 18.17.27

Foto Anggota PKM

Objek pada PKM ini adalah anak – anak di Yayasan Kafilatur Rosul, Pamulang 2, Tangerang Selatan. Yayasan Kafilatur Rosul adalah asrama  bagi Yatim  Piatu dan Dhuafa. Yayasan ini didirikan sebagai lembaga yang bertekad membantu anak – anak yatim piatu dan dhuafa dLm mengawal, membimbing, mendidik dan mempersiapkan modal fornal dan non formal untuk mengantarkan mereka ke gerbang masa depan yang gemilang. Sikap kepercayaan diri adalah suatu keyakinan seseorang terhadap aspek kelebihan yang dimilikinya dan membantu merasa mampu untuk mencapai tujuan hidupnya. Sedangkan Kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan karya baru yang dapat memuaskan diri seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya. Dengan memberikan edukasi mengenai kepercayaan diri dan kreativitas diharapkan dapat membantu anak-anak yayasan kafilatur rosul menjadi lebih merasa percaya diri dalam memumbuhkan rasa kretivitas yang ada dalam diri mereka sendiri.

WhatsApp Image 2021-04-30 at 18.17.28

                                                                    Foto Penyampaian Materi

WhatsApp Image 2021-04-30 at 18.17.29

Foto Praktek pembuatan tempat pensil

Narasumber pada PKM ini adalah salah satu mahasiswa dari kelompok kita yaitu Umroh, beliau menyampaikan materi mengenai definisi rasa percaya diri dan pentingnya mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, sehingga dapat memulai aktivitas dengan percaya diri.. Penyampaian materi dilakukan dengan sangat menarik dan interaktif sehingga materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh anak – anak di yayasan kafilatur rosul. Selain menyampaikan materi, kami juga melaksanakan kegiatan lainnya yaitu Praktek menggunakan bahan kain flanel yang dapat dibuat dengan berbagai macam kreativitas salah satunya adalah pembuatan tempat pensil dari bahan kain flanel. Dengan adanya praktek tersebut diaharapkan mampu meningkatkan kreativitas yang tinggi bagi anak – anak di yayasan kafilatur rosul, pamulang 2.

Penulis : Neli Musyayadah. (Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang)