PKM Mahasiswa Prodi Manajemen S1 di Yayasan Pakem Bumi Indonesia, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

 an3

Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Suatu kegiatan proses pemberdayaan diri untuk  membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas dalam mengimplementasikan apa yang sudah di dapat di kampus, agar dapat memberikan manfaat untuk banyak orang dan dapat memberikan perubahan yang baik untuk masyarakat. Selain memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat ini juga memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa/i antara lain: memperbanyak relasi, meningkatkan soft skill dalam berkomunikasi, belajar hal baru dan menumbuhkan sifat simpati dan sabar.

Tepat pada Sabtu 18 September 2021, diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Yayasan Pakem Bumi Indonesia, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa/i program studi Manajemen Universitas Pamulang. Adapun kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Gusti Randa dan di bantu oleh anggotanya, yang antara lain:Annisa Trianndita, Yunnita Khoirunisa, Surahman dan.Abdurozak. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini didampingi oleh  Bapak Andri Priyadi S.E, M.M dosen pembimbing mahasiswa PKM  Universitas Pamulang. Meskipun dalam kodisi pandemi covid19, tidak menghalangi mahasiswa/i Unpam untuk melaksanakan PKM sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

an34

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, mahasiswa/i memberikan penyuluhan kepada anak – anak yatim binaan Yayasan Pakem Bumi Indonesia dengan tema “Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya”,dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini tentang menjaga lingkungan dan melestarikan lingkungan sekitar. Salah satunya dengan berupaya :1. Membuang sampah pada tempatnya dengan cara membedakan sampah organik/basah dan anorganik/kering  contoh sampah organik : sisa makanan,buah buahan yang sudah membusuk, contoh sampah anorganik : kaleng,plastik,kertas,kantong kresek.2. Menanam pohon cara ini bisa kita gunakan dengan menggunakan pot jika tidak ada lahan untuk menanam. Dengan harapan sejak dini anak-anak akan terbiasa menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di lingkungan Yayasan Pakem Bumi Indonesia. Hal ini disebabkan oleh salah satunya karena masih  kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, dan menjaga dari berbagai macam bentuk yang dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Sehingga kita dapat menanamkan kepada anak-anak akan rasa bertanggung jawab terhadap lingkungan dan bagaimana cara melestarikan lingkungan, supaya tempat tinggal mereka menjadi aman dan nyaman.

Dalam penyuluhannya, mahasiswa/i Universitas Pamulang memaparkan yang pertama Faktor Kerusakan LIngkungan atau Alam

Dari Faktor Alam

Contohnya:

  • Kebakaran Hutan
  • Limbah Industri
  • Pencemaran Udara
  • Membuang Sampah Sembarangan

Dari Faktor Manusia

Contohnya :

  • Gempa Bumi
  • Banjir
  • Gunung Meletus
  • Angin Topan

Dalam penyampaiannya juga dijelaskan bagaimana cara menanamam pohon, jika tidak ada lahan atau tanah kosong, kita bisa menanam pohon pada pot untuk menjaga kelestarian pada alam atau lingkungan,

  Cara menanam pohon dalam pot

  1. Persiapkan pot bersih dan pilih pot dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran tanaman. 2. Isi sebagian pot dengan tanah dengan menggunakan sekop. Sesuaikan jenis tanah dengan tanaman.
  2. Masukkan tanaman ke tengah pot. Pastikan batang tanaman dalam posisi tegak lurus.
    4. Timbun kembali dengan tanah. Tekan tanah secara halus untuk memastikan tanah padat memenuhi pot.
  3. Sirami tanamaman hingga air merembes dari bawah pot.

an5

Dengan memberitahuan kepada anak-anak Yayasan Pakem Bumi Indonesia cara menjaga lingkuan, melestarikan lingkungan, diharapkan akan menjadi budaya sehari-hari untuk anak-anak dilingkungan yayasan atau tempat tinggal mereka, supaya alam tetap terjaga tidak ada kerusakan yang akan timbul karena ulah tangan manusia, dengan menerapkan buang sampah pada tempatnya atau tidak membuang sampah sembarangan, itu adalah salah satu contoh upaya kita untuk menjaga lingkungan supaya alam ini tetap lestari, tetap tejaga.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini disambut baik oleh ketua yayasan Bapak Wahyu Purwanto dan segenap pengurus yayasan Pakem Bumi Indonesia. Mereka berharap dengan penyuluhan yang yang disampaikan oleh mahasiswa/i Universitas Pamulang yang bertemakan tentang Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya menumbuhkan sejak dini rasa tnaggung jawab menjaga lingkungan atau tempat tinggalnya, dan anak-anak mendapatkan sebuah pengetahuan cara melestarikan lingkungan hidup, serta akan menjadi kebiasaan yang dapat dipraktekan langsung di lingkungan Yayasan Pakem Bumi Indonesia.