PKM Mahasiswa Prodi Manajemen S-1 Tema Mengembangkan Jiwa Wirausaha Pada Masa Pandemi Covid-19

aji x1

Gambar 1 : Mahasiswa PKM Unpam bersama Ketua Yayasan Komunitas Maestro 2012

Pada hari Rabu, 20 Januari 2021, di Koperasi Maestro yang bertempat di Ruko Perumahan Permata Pamulang, dilakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Mahasiswa Universitas Pamulang. Acara ini di prakarsai oleh Ir. Adji Widodo, MM. dosen Prodi Manajemen, dengan membawa 5 mahasiswa yaitu Usman, Heri Tarmidi, Oktavianingsih, Indah dan Bella Mamahit.

Dr. H. Adang Rukhiyat, MPd. sebagai Ketua Komunitas Maestro dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya atas kunjungan tim PKM mahasiswa dari Prodi manajemen Unpam. Maestro membuka pintu untuk bekerjasama dengan para mahasiswa yang mempunyai ide-ide wirausaha demi kemajuan bersama. Maestro yang sudah didirikan sejak tahun 2005 saat ini memi;liki 1.073 anggota dengan mengembangkan di 4 bidang yaitu

Oktavianingsih mahasiswa Program Studi Manajemen pada paparan sesi pertama menyatakan bahwa seorang wirausaha mempunyai semangat dan kemampuan untuk menciptakan peluang bisnis baru dan mandiri. Sifat lain yang harus dikembangkan yaitu optimis, inisiatif, inovatif, dan berani menghadapi resiko. Banyak manfaat dengan wirausaha yaitu dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Usman mahasiswa pada presentasi kedua menyampaikan bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini banyak perusahaan yang gulung tikar, ekonomi nasional melemah, maka peluang besar bagi pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan usahanya. UMKM yang sudah berjalan sebagai wujud wirausaha akan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Manfaat lain wirausaha yaitu dapat meningkatkan kemandirian ekonomi keluarga agar lebih produktif dan tidak konsumtif, kebebasan waktu, dan secara luas akan membantu pemerintah dalam membuka lapangan kerja dan mengatasi pengangguran.

Abdul Suyono salah satu pengawas Koperasi Maestro memberikan tanggapan akan manfaat dari acara PKM ini, tetapi untuk selanjutnya boleh ditingkatkan dengan acara bakti social di RT dan RW sehingga dapat lebih mengena ke warga yang sedang terkena korban PHK dan pengangguran lainnya.

Endang bagian Marketing Maestro, mengajak mahasiswa apabila ingin mencari pekerjaan bisa berhubungan dengan pihaknya. Berbekal pengalaman sebagai marketing di suatu Biro tenaga kerja Endang mempunyai banyak relasi perusahaan yang membutuhkan karyawan, dan dapat memberikan informasi lowongan pekerjaan yang membutuhkan lulusan sarjana baru.

aji x2

Gambar 2: Penyerahan Cinderamata dari Usman Ketua Pelaksana kepada H. Suyono Pengawas Koperasi

Pada sesi penutupan H. Suyono yang mewakili pihak Maestro berharap agar setelah acara PKM mahasiswa dapat bersinergi dan berkontribusi nyata dengan Yayasan Komunitas Maestro ke depannya apa yang diperlukan dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di masyarakat.

 

aji1

Oleh : Ir. Adji Widodo, M.M. (Dosen Prodi Manajemen Unpam)