PKM Mahasiswa HMM-Unpam dengan Tema “Mengembangkan Sumber Daya dan Ekonomi Kreatif”

WhatsApp Image 2020-08-17 at 12.29.24

Gambar 1: Foto Bersama Pengurus HMM dan Dosen Pembina Bidang Kemahasiswaan Selesai Acara

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang dalam proses menimba ilmu ataupun belajar dan terdaftar sedang menjalani pendidikan pada salah satu bentuk perguruan tinggi yang terdiri dari akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut dan universitas. Sepintas dalam pikiran kita bahwa tugas mahasiswa adalah hanya belajar. Ternyata TIDAK. Melainkan tugas berat yang mahasiswa selain belajar adalah mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sama halnya seperti dosen.

Dalam mengimplementasikan hal tersebut, pada hari minggu tanggal 16 Agustus 2020 Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Pamulang melakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Kampung Kemang RT  03/RW 10 Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Kegiatan PkM tersebut mengangkat tema umum “Mengembangkan Sumber Daya dan Ekonomi Kretif Melalu Pengabdian kepada Masyarakat di Kampung Kemang, Rengasjajar” Kegiatan PKM HMM ini didampingi langsung oleh Dosen Pembina Kemahasiswaan Prodi Manajemen S-1 antara lain Bapak Komarudin, S.Pd., M.M., Bapak Dr. I Nyoman Marayasa, S.E., M.M., Bapak Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev., Ibu Jeni Irnawati, S.E., M.M., Bapak Wirawan, S.E., M.M., Bapak Setyo Budi Utomo, S.Pd.I., M.M., dan perwakilan dari Bidang Penelitian Ibu Dr. Endang Sugiyarti, S.E., M.M.

PKM tersebut diketuai oleh Muhammad Abel Nakito, Abel mengatakan dalam sambutannya bahwa sangat bersyukur bisa melaksannakan PKM ini meski tertunda beberapa bulan akibat Pandemi Covid-19. Dia juga minta maaf kepada seluruh warga karena seharusnya kegiatan ini dilakukan selama 3 hari, dan terpaksa dipadatkan menjadi 1 hari. Trihadi Sebagai Ketua Umum berharap semoga acara ini bermanfaat bagi warga Rengasjajar.

Acara PkM tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Penyuluhan Kesadaran Orang Tua dalam memotivasi anak atas pentingnya pendidikan yang disampikan oleh salah satu Pembina bidang kemahasiswaan Bapak Komarudin, S.Pd., M.M., Melakukan Pengajaran bagi anak untuk belajar berhitung, membaca dan menanamkan dalam dirinya bahwa  sekolah itu  menjadi prioritas utama (hal ini dilakukan oleh anak HMM), memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat terutan lansia (ini bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa STIKes Widya Dharma Husada Tangerang), dan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ibu-ibu warga Rengasjajar (ini praktekan langsung oleh anak-anak HMM).kemang-1

Gambar 2: Suasana Saat PKM Berlangsung

Peran mahasiswa memang dalam memajukan institusi terutama prodi sangatlah besar. Jika ditinjau dari ketujuh standar akreditasi, tentunya mahasiswa memiliki peran penting, misalnya dalam hal kemahasiswaan, Output lulusan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat serta sumber daya manusia. Kontribusi mahasiswa dalam akreditasi tersebut sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang artinya ketiganya memang harus dijalankan. Salah satu contoh kontribusi mahasiswa dalam bidang penelitian yaitu adanya peran aktif dari mahasiswa dalam berbagai program penelitian yang outputnya misalnya jurnal, program kreatifitas mahasiswa (PKM), artikel ilmiah dll. Dewasa ini mahasiswa dituntut untuk bisa menghasilkan jurnal ilmiah yang nantinya juga akan digunakan sebagai syarat kelulusan. Namun kontradiksi dengan realita yang terjadi, hal itu masih belum dipahami oleh mahasiswa, mereka masih merasa keberatan dan kesulitan jika hal tersebut diterapkan. Untuk meningkatkan aktifitas penelitian dikalangan mahasiswa, memang hal tersebut harus tetap dijalankan, akan tetapi harus dibarengi dengan berbagai program pelatihan yang merata dan berkesinambungan yaitu dengan menerapkan kurikulum penelitian disemua program studi diseluruh universitas. Berbagai aktifitas penelitian dari mahasiswa tersebut tentunya akan memberikan nilai tambah dalam proses akreditasi perguruan tinggi, sehingga peran mahasiswa dalam mendukung akreditasi perguruan tinggi akan tercapai. Dengan demikian kami mengajak mahasiswa untuk terus memaksimalkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tingginya, dan bagi teman-teman dosen, mari kita libatkan mahasiswa dalam setiap kegiatan kita seperti dalam melakukan penelitian, PKM dan kegiatan lainnya yang bisa membuat mahasiswa lebih aktif untuk berperan.

AKHIRNYA, kegiatan ini berjalan dengan baik dan disambut baik oleh Bapak RT dan Warga setempat. Warga berharap kepada kami kegiatan ini harus terus dilaksanakan mengingat warga sangat jarang diberikan kegiatan seperti ini.

Penulis:

*Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev. (Dosen Prodi Manajemen S-1, salah satu Pembina Bidang Kemahasiswaan)