PKM Mahasiswa Edukasi Manajemen Pemasaran di Kala Pandemi oleh Dosen UNPAM di SMP Inspirasi Baznas

WhatsApp Image 2021-04-26 at 12.55.46

Gambar 1: Foto Bersama Tim PKM dan Mitra PKM

Pada awal tahun 2020 pandemi covid 19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Covid 19 telah menyebabkan dampak buruk bagi seluruh masyarakat yang ada di dunia. Banyak sektor yang terdampak oleh virus ini, salah satu nya adalah sektor Pendidikan. Pemerintah mengambil kebijakan belajar jarak jauh atau dengan kata lain secara online. Akibat dari kebijakan ini salah satu nya adalah ketidaksiapan perangkat untuk menunjang kebutuhan belajar secara online dan menyebabkan banyak anak putus sekolah.

Pada bulan Desember tahun 2020, UNICEF mengatakan bahwa terdapat 938 anak yang putus sekolah akibat pandemic covid 19 dan 75 persen diantaranya tidak dapat melanjutkan sekolah nya. Berdasarkan data yang dimuat oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hingga bulan Februari 2021 terdapat lebih dari 150 anak yang putus sekolah karena menikah dan bekerja. Menurut alasan mereka, hal ini terjadi karena keadaan ekonomi keluarga yang juga terdampak covid 19.

WhatsApp Image 2021-04-26 at 12.55.48

Gambar 2: Dosen Pendamping Saat Menyampainkan Sambutan

Melihat kondisi diatas yang sangat memprihatinkan, mahasiswa serta dosen Universitas Pamulang (UNPAM), selaku pihak yang terlibat dalam sektor Pendidikan, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), melalui program edukasi atau seminar yang bekerjasama dengan SMP Inspirasi Baznas Depok. Edukasi ini mengenai “Efektifitas Kegiatan Pemasaran Dimasa Pandemi dengan Menerapkan 3M.”

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2021 di SMP Inspirasi Baznas Depok, terdapat 30 anak yang mengikuti kegiatan edukasi ini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat yaitu dengan menyiapkan cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Edukasi mengenai Efektifitas Kegiatan Pemasaran Dimasa Pandemi dengan Menerapkan 3M disampaikan oleh Bapak Rahadyan Tajuddien, S.E.,M.M. selaku dosen dan narasumber, Ibu Syarifah Ida Farida, S.E.,M.M selaku Dosen Pembimbing dan mahasiswa yaitu Dody Yohanes, Eni Maryam, Imell Eka Saputri, Lukman Fauzi dan Rinda Aprilia. Materi yang disamapikan mengenai Strategi Penjualan disaat pandemi covid 19 berlangsung, pengembangan segmentasi pasar dan strategi dalam distribusi selama terjadi nya covid 19.

WhatsApp Image 2021-04-26 at 12.55.47

Menurut Bapak Rahardian, ada berbagai strategi penjualan yang bisa kita gunakan misalnya dengan  membuat produk atau jasa yang anda jual menjadi mudah diakses dan dijangkau alias affordable and reachable. Misalnya dengan memberikan kemudahan pembayaran, memperpanjang masa angsuran, memperkecil uang muka, memperkecil kemasan, dan menambahkan aneka pilihan pembayaran yang mudah dan aman disaat pandemic ini seperti cardless atau m-banking.

Disaat kondisi seperti ini siswa dituntut untuk berpikir lebih kreatif dalam menghadapi situasi seperti ini. Siswa harus dapat membaca peluang yang bisa mereka lakukan dalam membuat usaha, seperti menjual makanan yang bisa di antar langsung ke konsumen dan lain-lain yang sesuai dengan protokol kesehatan serta usaha ini tidak boleh mengganggu aktifitas belajar mereka.

Pemasaran suatu produk pada era pandemic seperti ini. Memanglah sulit akan tetapi masih ada beberapa metode pemasaran seperti yang tadi kami jelaskan dan dapat membantu meningkatkan penjualan produk pada era pandemic seperti sekarang. Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, serta memakai masker.

Dalam materi tersebut siswa diajarkan untuk dapat melihat peluang pemasaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk kegiatan belajar siswa. Dengan program PKM ini, civitas akademika Unpam berharap bisa memberi solusi kepada siswa di bangku sekolah untuk bisa bertahan dalam menghadapi permasalahan ekonomi. Siswa juga diberikan sertifikat, plakat serta uang tunai untuk membantu para siswa.