PKM Mahasiswa dengan Tema “Cara Mencuci Tangan Dengan Benar”

andri 5

Gambar 1: Foto Mahasiswa dan Dosen Pendamping

Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Suatu kegiatan proses pemberdayaan diri untuk  membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas dalam mengimplementasikan apa yang sudah di dapat di kampus, agar dapat memberikan manfaat untuk banyak orang dan dapat memberikan perubahan yang baik untuk masyarakat. Selain memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat ini juga memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa/i antara lain: memperbanyak relasi, meningkatkan soft skill dalam berkomunikasi, belajar hal baru dan menumbuhkan sifat simpati dan sabar.

Tepat pada Sabtu 18 September 2021, diadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Yayasan Pakem Bumi Indonesia, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa/i program studi Manajemen Universitas Pamulang. Adapun kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Raden Nabil Dwi dan di bantu oleh anggotanya, yang antara lain: Muhammad Misbah, Nurhadi Fahmi, Novita Febriana dan Miarti. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini didampingi oleh  Bapak Andrie Priyadi S.E, M.M dosen pembimbing mahasiswa PKM  Universitas Pamulang. Mengingat kegiatan ini dilakukan saat masih kondisi pandemi covid 19, kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti pemberian handsanitizer dan masker sebelum masuk ke tempat pelaksanaan kegiatan.

andri 6

Gambar 2: Suasana Saat PKM

 Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, mahasiswa/i memberikan penyuluhan kepada anak – anak yatim binaan Yayasan Pakem Bumi Indonesia dengan tema ” Cara Mencuci Tangan Dengan Benar”, dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini tentang perilaku hidup bersih, salah satunya dengan cara mencuci tangan dengan benar. Dengan harapan agar mencuci tangan dengan benar ini bisa menjadi kebiasaan yang baik sejak dini, khususnya di lingkungan Yayasan Pakem Bumi Indonesia. Karena anak – anak merupakan golongan yang rentan terhadap infeksi kuman. Hal ini disebabkan oleh salah satunya karena masih  kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan serta lingkungan anak bermain memungkinkan berbagai kuman menempel dan masuk ke tubuh melalui tangan yang terpapar kuman. Selain itu, anak-anak pada umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mereka senang menyentuh, membawa, bahkan memasukkan sesuatu yang mungkin terinfeksi kuman ke dalam mulutnya. Sehingga, tak heran jika anak – anak mudah dan atau sering mengalami pilek, diare, atau sakit lainnya. Tangan merupakan salah satu penghantar utama masuknya kuman ke dalam tubuh manusia, oleh karena itu, sangatlah penting mencuci tangan dengan baik dan benar  untuk  pencegahan penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman,

Dalam penyuluhannya, mahasiswa/i Universitas Pamulang memaparkan bagaimana cara cuci tangan yang benar yaitu cuci tangan pakai sabun, air bersih yang mengalir dan dikeringkan menggunakan kain bersih atau tissue. Berikut ini tata cara mencuci tangan dengan baik dan benar, yaitu :

1.Basahi tangan dengan air dan tuangkan  sabun di telapak tangan.

2.Tangkupkan kedua telapak tangan dan gosokkan sabun yang telah di tuang.

3.Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin dan ulangi untuk sebaliknya.

4.Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait.

5.Tangan kanan dan tangan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari.

6.Gosok ibu jari tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.

7.Gosokkan jari-jari tangan kanan dengan tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya.

8.Bilas dan keringkan dengan kain bersih atau tissue.

Dan dalam penyampaian materi tersebut, di jelaskan juga manfaat mencuci tangan dengan benar dan  kapan waktu yang tepat harus mencuci tangan.

andri 7

Gambar 3: Penyampaian Materi Oleh Mahasiswa

Disampaikan  kepada anak-anak binaan Yayasan Pakem Bumi Indonesia tentang beberapa manfaat mencuci tangan dengan benar, antara lain :

1.Supaya tangan menjadi bersih.

2.Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme.

3.Menghindari masuknya kuman ke dalam tubuh.

4.Mencegah penularan penyakit melalui kontak langsung.

Dan adapun disampaikan  waktu yang tepat harus mencuci tangan yaitu sebagai berikut :

1.Setiap kali tangan terlihat kotor.

2.Setelah menggunakan toilet.

3.Sebelum dan sesudah mengkonsumsi makanan.

4.Setelah bermain di tempat umum.

5.Setelah batuk, bersin, atau membuang lendir dari hidung.

6.Setelah memegang sesuatu ( hewan, tanah, atau benda kotor lainnya )

7.Sebelum dan sesudah menyentuh orang sakit.

8.Sebelum dan sesudah mengobati luka.

Dengan mengetahui tata cara mencuci tangan dengan benar, manfaat mencuci tangan dengan benar dan kapan waktu harus mencuci tangan  tersebut, diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan, dan bisa  mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari  sehingga dapat  meminimalkan resiko anak-anak untuk  terinfeksi kuman penyebab berbagai macam penyakit

andri 2

Gambar 4: Foto Bersama antara Mahasiswaa, Mitra PKM, Dosen Pendamping dan Peserta PKM

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini disambut baik oleh ketua yayasan Bapak Wahyu Purwanto dan segenap pengurus yayasan Pakem Bumi Indonesia. Mereka berharap dengan penyuluhan yang disampaikan oleh mahasiswa/i universitas Pamulang tentang cara mencuci tangan dengan benar ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta  menumbuhkan kesadaran sejak dini tentang pentingnya menjaga kebersihan dan bisa di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari serta  menjadi kebiasaan yang baik dilingkungan Yayasan Pakem Bumi Indonesia.