PKM Dosen, Tema “Pembentukan Mindset Wirausaha Muda dengan Tingkat Pendidikan Tinggi pada Siswa SMA Negeri 34 Pondok Labu Kota Jakarta Selatan”

 

Gambar 1. Peserta PKM Bersama Tim PKM Dosen Universitas Pamulang

Usia remaja diibaratkan seperti emas yang berkilau, jika dalam usianya mampu mengembangkan kemampuan dan pembentukan karakternya menuju masa depan yang lebih sukses. Di antara kemampuan yang dapat dikembangkan ialah kemauan untuk menjadi seorang wirausaha muda. Namun hal tersebut perlu diawali dengan pembentukan mindset wirausaha dan menempuh Pendidikan di tingkat Pendidikan tinggi agar memiliki ilmu dan menambah wawasan dalam berwirausaha.

Dalam mewujudkan seorang wirausaha muda, maka sebuah Lembaga Pendidikan, seperti SMA Negeri 34 Pondok Labu Jakarta perlu memfasilitasi siswanya agar siswa-siswinya dapat menjadi wirausaha sejak remaja, karena “Sebuah lembaga pendidikan, semestinya perlu didukung oleh semua eleman masyarakat, baik guru, orangtua, masyarakat sekitar dan termasuk dosen-dosen diharapkan dapat mengabdi dan berperan serta dalam membentuk untuk mewujudkannya.” (Effendy, A. A., et. al: 2019).

Sebagai wirausaha pemula perlu mempelajari keilmuan dasar mengenai kewirausahaan agar usaha yang dijalankan dapat terus berkembang dan bersaing di era kompetitif. Maka daripada itu, diadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa prodi Manajemen S1, fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, dengan tema pengabdian “Pembentukan Mindset Wirausaha Muda dengan Tingkat Pendidikan Tinggi pada Siswa SMA Negeri 34 Pondok Labu Kota Jakarta Selatan”. Kegiatan diadakan pada Siswa SMA Negeri 34 Jakarta” pada tanggal 22-24 Mei 2022.

Pengabdian ini dipimpin oleh bapak Aidil Amin Effendy, S.E., M.M. dan sebagai Pembicara pada PKM ini, adapun anggota pengabdian terdiri dari 2 anggota yaitu bapak Ahmad Nurhadi, S.E., M.M. dan bapak Widhi Wicaksono, S.E., M.M., serta mahasiswa Unpam membantu dalam bagian dokumentasi, dan kelengkapan lainnya dalam menunjang proses berjalannya pengabdian ini.

Kegiatan PKM yang dilakukan tim Pengabdian dosen dan mahasiswa Unpam bertujuan untuk memberikan motivasi dan ilmu kewirausahaan. Dalam Pemberian motivasi dan ilmu kewirausahaan kepada Siswa SMA Negeri 34 Jakarta mengenai pembentukan mindset wirausaha muda dan meraih kesuksesan berwirausaha dengan menempuh tingkat pendidikan tinggi, agar ilmu dan wawasan yang didapat mengenai wirausaha dapat bertambah sebagai bekal menjadi wirausaha yang sukses.

Gambar 2. Pemberian materi oleh Tim PKM secara offline di kelas dan online zoom

Kegiatan pengabdian dan Penyampaian materi PKM ini dilakukan secara Hybrid learning yaitu model pembelajaran yaitu penyampaian materi pengabdian secara bersamaan dengan bantuan teknologi menggunakan via aplikasi zoom untuk siswa-siswi yang online dan menggunakan infocus secara offline untuk siswa-siswi yang mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat di sekolah. Untuk menambah tingkat kefokusan dan semangat untuk peserta, tim pengabdian mengadakan ice breaking di pertengahan pemberian materi pengabdian agar peserta lebih fokus dalam mengikuti penyuluhan yang dilakukan Tim PKM Dosen Universitas Pamulang.

Setelah Pemberian materi PKM, kemudian diadakan diskusi, Tanya Jawab dan Bimbingan konsultatif mengenai pembentukan mindset wirausaha muda dengan tingkat pendidikan tinggi dan Tim PKM Dosen Universitas Pamulang membimbing wirausaha pemula yang terdiri dari Siswa SMA Negeri 34 Jakarta dalam simulasi dagang dan cara menjual produk dan kemudian kita membimbing sampai wirausaha pemula yang terdiri dari Siswa SMA Negeri 34 Jakarta dapat memiliki usaha dan mampu mengembangkan usahanya

Gambar 3. Diskusi dan Tanya Jawab bersama Siswa SMA Negeri 34 Jakarta

Kegiatan PKM oleh dosen-dosen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif terlihat dari antusias dan bersemangat para peserta PKM, baik melalui aplikasi Zoom maupun secara offline di kelas dalam mengikuti pemberian materi, diskusi dan tanya jawab, sehingga para peserta dapat mempelajari menjadi wirausaha muda yang sukses.

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan Siswa SMA Negeri 34 Jakarta, dalam mewujudkan dan menjalankan usahanya serta menjadikan para wirausaha tersebut menjadi wirausaha muda yang sukses dan mampu bersaing di era globalisasi.

 

Penulis

Aidil Amin Effendy, S.E., M.M.

(Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)