PKM Dosen Prodi Manajemen, Tema “PENYULUHAN PERENCANAAN KARIER UNTUK PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KELURAHAN CIREUNDEU”  

Tugas utama seorang dosen atau pendidik begitu mulia, dosen bisa kita sebut dengan maha guru yang selalu dikenang sepanjang masa yaitu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Jika bukan karena jasa dan perjuangan seorang guru maka anak-anak kita tidak mengenal huruf dan membaca.Salah satu tugas mulia dosen, tertuang dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain  mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti :  Mengajar, Meneliti dan Mengabdi Kepada Masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) harus segera dilaksanakan tiap semester, baik semester ganjil dan semester genap. maka dari pada itu, kami selaku tim Pengabdian Kepada Masyarakat kemudian mendatangi  Bapak Win Fadlianta,S.Kom selaku Lurah Cireundeu  sehingga pada akhirnya diizinkan untuk melakukan kegiatan PKM, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Maka Pada Hari Selasa 29 Maret  – Kamis  31 Maret , pukul 09.00- selesai wib, tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan PKM di Kelurahan Cireundeu di  Tangerang Selatan. Kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Widia Astuti S.E., M.M. beserta anggotanya Fauziah Septiani,S.E.,M.M. dan Gina Fauziah, S.Sos,.M.I.Kom. Pengabdian Kepada Masyarakat ini mengangkat sebuah tema “PENYULUHAN PERENCANAAN KARIER UNTUK PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KELURAHAN CIREUNDEU.”

  

Gambar 1 : Foto Ketua Panitia Ibu Widia Astuti.SE.,MM Dengan Anggota PKM Ibu Fauziah Septiani.,SE.,MM

Kedatangan Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang disambut baik bapak bapak Lurah Cireundeu  beserta Jajarannya. Beliau berharap jika keadaan sudah kembali normal maka PKM harus dilaksanakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin, mudah-mudahan tahun depan kondisi Negara yang kita cintai Indonesia terbebas dari wabah Virus Covid-19, sehingga kegiatan PKM yang dilaksanakan dapat memberikan ilmu baru bagi para Masyarakat Khususnya Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM Kelurahan Cireundeu) untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik dan sebagai bekal untuk mempersiapkan diri mrnghadapi dunia bisnis.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan wawasan tentang pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk menghadapi dunia kerja dan pengembangan karier masyarakat. Karena adanya kompetisi tersebut, maka di butuhkan usaha untuk membentuk manusia yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan ataupun organisasi.karena tidak sedikit perusahaan yang menolak calon pegawai karena tidak memenuhi kualifikasi yang dimaksud. Selain itu, banyak perusahaan yang dibangun, namun SDM nya tidak tersedia atau kurang. Dalam era globalisasi ini, persaingan akan semakin ketat.

Era globalisasi seakan memberikan arus teknologi dan informasi serta mobilitas sumberdaya manusia dari satu tempat ke tempat lain. salah satu pengembangan SDM yang harus dilakukan adalah melalui pendidikan.

Gambar 2 : Foto Ketua Panitia Ibu Widia Astuti.,SE.,MM Dengan Lurah Cirendeu Bapak Win Fadlianta.,S.Kom

Pendidikan sangat penting dalam mengembangkan SDM karena pengetahuan akan diperoleh salah satunya dengan pendidikan. Orang yang tingkat pendidikannya rendah, cenderung tidak memiliki kemampuan dalam bekerja. Perusahaan pun pada dasarnya menyeleksi calon karyawan dilihat dari tingkat pendidikannya. Di Indonesia sendiri, angka kemiskinan yang terjadi masih sangat tinggi. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, sehingga tidak memiliki pekerjaan dan meningkatkan angka pengangguran. Oleh karena itu, pemerintah mengupayakan adanya wajib belajar 9 tahun untuk membentuk SDM yang berkualitas di masa mendatang. Kemudian, masyarakat dengan tingkat pendidikan rendah namun memiliki keterampilan, akan dikembangkan melalui UKM atau Usaha Kecil Menengah yang sekarang ini banyak dilakukan didesa-desa.

Pemerintah memegang peranan penting dalam menyiapkan program-program strategis guna menghasilkan SDM berkualitas dan siap memasuki pasar kerja. Terakhir, adalah pembinaan dan pengembangan masyarakat terutama generasi muda. Sebagai penopang utama dalam roda pembangunan, pemberdayaan generasi muda diharapkan dapat menciptakan generasi yang kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi. Karakteristik generasi muda seperti inilah yang diharapkan mampu berkonstribusi dan memenangkan persaingan global.

Mempertimbangkan peran strategis SDM bagi akselerasi pembangunan negara, kebijakan dan langkah strategis program kerja yang komperehensif mestiterwujud agar dapat mencetak banyak SDM Indonesia yang unggul dan mampu bersaing di tingkat global. Sinergi kebijakan antar pemangku kepentingan pada sektor terkait dan lintas sektor juga mutlak diperlukan guna menyatukan sumber daya dan potensi yang ada bagi percepatan pembangunan SDM Indonesia.

Upaya tersebut tentu saja membutuhkan kerjasama dari semua pihak khususnya keluarga dalam hal pemberian pendidikan dan keahlian sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Kesadaran serta semangat untuk terus meningkatkan kualitas diri dan daya saing juga diperlukan dari generasi muda yang merupakan agen pembangunan bagi bangsa ini. Selain itu, diperlukan pengawasan dan evaluasi untuk memastikan program-program yang ada berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan produktifitas tenaga kerja khususnya generasi muda. Dengan SDM yang berkualitas, target dalam pembangunan Indonesia akan lebih mudah tercapai.

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah terbentuknya persepsi masyarakat akan pentingnya pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk pengembangan karier. Ilmu yang diperoleh pada pengabdian masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru serta manfaat bagi Masyarakat khususnya dan umumunya memberikan dampak yang positif untuk masa depan agar mampu berkontribusi dalam pengembangan Wilayah Kelurahan Cirendeu Ini.

Gambar 3 : Foto Pemberian Materi Oleh  Ibu Widia Astuti.,SE.,MM

Segenap Tim PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang sangat berharap apa yang telah kami perbuat baik perjuangan, ilmu pengetahuan dan wawasan yang didapat  pada pengabdian masyarakat kali ini mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan  materi dan motivasi serta mampu berkontribusi bagi generasi muda, khususnya para mahasiswa/i agar yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kalangan dosen serta masyarakat pada umumnya.

 

Penulis : Widia Astuti.,SE.,MM ( dosen01265@unpam.ac.id)

Dosen Manajamen Universitas Pamulang