PKM Dosen Prodi Manajemen S-1, ”UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI”  Kelurahan Benda Baru Tangerang Selatan

Selasa 05 Oktober 2021, Dosen UNPAM (Universitas Pamulang) melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat)  di Kelurahan Benda Baru Tangerang Selatan. Sasaran pelaksanan PKM kali ini adalah Kelurahan benda baru.  Kantor Kelurahan benda baru yang memiliki peran strategis dalam melakukan peningkatan kualitas sumber daya masyarakat. Banyaknya lulusan baru setiap tahunnnya di Kelurahan benda baru sejatinya akan menjadi langkah awal dalam peningkatan kompetensi masyarakat.  Namun sayangnya setiap antara masyarakat dan kelurahan belum adanya agenda rutin dalam kegiatan peningkatan kompetensi. Tujuan peningkatan kompetensi agar masyarakat khususnya remaja dapat menentukan hal apa yang akan di ambil setelah lulus sekolah.

Kegiatan PKM yang dilakukan antara lain memberikan penyuluhan terkait Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui peningkatan Kompetensi di Kelurahan Benda Baru.  Dalam kesempatannya Ketua pelaksana Widia Astuti, S.E.,M.M mewakili tim dosen Unpam dalam kegiatan ini menyampaikan pentingnya kegiatan peningkatan kompetensi masyarakat.  Tujuannya agar masyarakat dapat secara cepat dapat merubah kualitas sumber daya.

2.1

Gambar 1. Sambutan Ketua Pelaksana PKM

Perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.

Kompetensi dapat diartikan juga sebagai karakter individu yang dapat diukur dan ditentukan untuk menunjukkan perilaku dan performa kerja tertentu pada diri seseorang (Spencer, McClelland & Spencer, 1994). Jadi, kompetensi merupakan panduan bagi perusahaan untuk menunjukkan fungsi kerja yang tepat bagi seorang karyawan.

Kompetensi berkaitan dengan sikap (apa yang dikatakan dan dilakukan seseorang) yang menunjukkan performa seseorang baik atau buruk. Banyak sekali studi dan penelitian yang membahas tentang kompetensi di dunia kerja ini.  dijadikan pembelajaran bagi seluruh pihak, ujar Dr Umi dalam penyampaian Materi.

2.2

Gambar 3. Peserta PKM Kelurahan Pamulang Barat

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 hari  (05-07 Oktober 2021) yang diikuti oleh Anggota karang taruna kelurahan Benda baru dengan antusias.  Melalui peningkatan Kualitas SDM karena Terkadang, tidak sedikit perusahaan yang menolak calon pegawai karena tidak memenuhi kualifikasi yang dimaksud. Selain itu, banyak perusahaan yang dibangun, namun SDM nya tidak tersedia atau kurang. Dalam era globalisasi ini, persaingan akan semakin ketat.

manajemen pengetahuan dalam pengembangan SDM tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena hal ini menyangkut kualitas SDM untuk sebuah organisasi atau perusahaan. SDM yang berkualitas akan membantu perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan. Pada dunia kerja, kompetensi dibutuhkan untuk mengetahui tipe pekerjaan seperti apa yang tepat bagi seseorang. Apabila kompetensi atas diri seorang karyawan telah diketahui maka perusahaan pun mampu membantu untuk mengembangkan pribadi melalui training atau pelatihan tertentu. Selain itu, kompetensi yang dimiliki seorang karyawan mampu menjadi petunjuk bagi perusahaan untuk mengetahui sejauh mana ia mampu menampilkan diri dan memberikan hasil kerja optimal untuk perusahaan.

Tidak hanya itu, melalui kompetensi yang kita miliki perusahaan lebih mengetahui posisi apa yang cocok dan tepat untuk kita. Bukan menjadi acuan baku bahwa kompetensi menjadi suatu hal paling penting untuk dimiliki seorang karyawan, tetapi sebagai calon karyawan kita perlu tahu kira-kira kompetensi seperti apa yang umumnya diinginkan perusahaan. Yang di paparkan oleh Bulan Oktrima.

Bapak H. Saidun, S.E.,M.Si. selaku Lurah di Kelurahan Benda Baru menyampaikan bahwa mereka mengharapkan acara PKM di Kelurahan Benda Baru ada kelanjutannya, sehingga kegiatan ini  dapat mengembangkan Kualitas SDM di kelurahan Benda Baru secara merata dan dapat meningkatkan kompetensi masyarakat seluruhnya.

2.3

Gambar 3.Bapak H. Saidun, S.E., M.Si, Lurah Kelurahan Pamulang Barat

Kegiatan PKM ini sukses berjalan atas dukungan penuh dari Universitas Pamulang dan LPPM. Adapun tim dosen yang turut menyukseskan diantaranya MC oleh Veta Lidya Delimah Pasaribu, S.E., M.M, Moderator Acara Heri Saputra, S.E.,M.M. Pemateri Dr.Umi Rusilowati, M.M., dan Bulan Oktrima, S.Si.,M.M., serta seksi konsumsi  dan dokumentasi dari rekan-rekan mahasiswa. (red.)

2.4

Gambar 4. Tim PKM Universitas Pamulang

Penulis : Widia Astuti,S.E.,M.M ( dosen01265@unpam.ac.id )

               Veta Lidya Delimah Pasaribu.,M.M ( dosen01889@unpam.ac.id)

  Dosen Manajamen Universitas Pamulang