PKM DOSEN PRODI MANAJEMEN S-1 UNPAM DENGAN TEMA “PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS KEMASAN PRODUK KUE TRADISIONAL PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH MASYARAKAT DESA CICALENGKA KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG-BANTEN”

WhatsApp Image 2020-09-14 at 19.42.02

Gambar 1. Foto Tim PKM Bersama Kepala Desa Cicalengka dan Warga

Kemasan adalah elemen terpenting dari sebuah produk ketika memutuskan untuk menjual suatu produk tertentu,terutama makanan,maka hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kemasan yang digunakan untuk membungkus produk tersebut.kemasan memegang peran penting dari sebuah produk.jika memilih produk yang baik dan dibutuhkan konsumen,namun tidak dikemas dengan baik,maka produk tersebut akan sulit dijual. selain dapat melindungi produk,kemasan tersebut harus dapat didaur ulang.kemasan yang baik tidak mudah rusak ketika jatuh,tidak tembus cahaya dan aman terhadap cairan yang tumpah pada kemasan tersebut.hal ini sangat penting mengingat human error yang sering terjadi tanpa sengaja.kredibilitas suplier kemasan produk juga harus diperhatikan.pilihkan suplier terpercaya yang dapat membantu mensuplai kemasan secara terus-menerus dan dalam jangka panjang tanpa adanya penurunan kualitas.faktor harga juga dapat mempengaruhi maka dari itu perlu diperhatikan.janganlah memilih kemasan yang penting murah.harga yang mahal juga perlu dipertimbangkan mengingat biasanya harga kemasan yang lebih mahal biasanya memiliki kualitas material kemasan yang lebih baik.Dengan kemasan yang kreatif dan inovatif tentu akan membuatnya jauh lebih menarik dan juga unik bagi setiap konsumen.serta mampu meningkatkan jangkauan produk dipasar,sehingga akan dapat meningkatkan penjualan dan memperoleh keuntungan.dalam merancang sebuah produk menjadi tantangan tersendiri karena umumnya harus memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dari yang lainnya sehingga dapat memberikan dalam hal pelayanan yang terbaik pada konsumen dengan meminimalkan tingkat komplain sebagai antipasi yang maksimal dalam peningkatan kualitas kemasan produk.

Sebelum Kegiatan pelatihan yang dilakukan pengabdian pada  masyarakat  ini dilalukan, terlebih dahulu diberikan penyampaian materi tentang kemasan/label guna ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pembuatan kemasan produk olahan kue.penyampaian materi ini penting dilakukan agar masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang dapat memahami informasi apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan kemasan/label yang baik dan memenuhi syarat.sebagimana diketahui pembuatan label makanan harus mengikuti peraturan pemeritah No. 66 tahun 1999 tentang label dan iklan pangan.

Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pra kegiatan,persiapan kegiatan,pelaksanaan kegiatan. kegiatan ini dilaksanakan dengan tahapan- tahapan antara lain.

  1. Pra Kegiatan

Pada tahapan ini dilakukan diskusi dengan masyarakat desa cicalengka kecamatan pagedangan kabupaten tangerang -banten .diskusi membicarakan kebutuhan pelatihan untuk menyelesaikan atau memberi solusi dari permasalahan yang dialami.selain itu didiskusikan juga jumlah peserta, lokasi kegiatan,konsep kegiatan.hasil dari diskusi adalah penetapan lokasi,waktu,materi, dan konsep.

  1. Persiapan Kegiatan

Pada tahapan ini dilakukan pembuatan cara pelatihan kemasan produk dan desain kemasan yang akan dipakai untuk pengajaran pada kegiatan ini.

  1. Pelaksanaan kegiatan

Tahapan ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan mulai dari penjelasan dasar teori desain kemasan produk.langkah selanjutnya adalah pengajaran dan praktik dalam pembuatan desain kemasan menggunakan tool microsoft word.pemilihan tool ini untuk memenuhi harapan terkait kemudahan penggunaan dan pemahaman  oleh  masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. tahapan selanjutnya adalah pengembangan kreativitas masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang.tujuan dari tahapan ini adalah agar dapat mampu mengembangkan konsep/ide yang dimiliki menjadi desain kemasan baru sesuai materi yang dipelajari pada tahapan sebelumnya

  1. Evaluasi

Hasil dari pembuatan desain kreativitas kemasan produk kemudian diperiksa dan dievaluasi oleh tim pengabdi.hasil evaluasi diberkan langsung secara personal kepada pemilik desain masing-masing.dan diberikan juga saran dan masukan apabila kekurangan dalam desain yang dibuat tersebut dan juga diiberikan tips untuk perbaikan agar dapat menghasilkan desain kemasan yang lebih baik lagi.

Hasil Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini memberikan pelatihan agar dapat meningkatkan kualitas dalam membuat kemasan suatu produk agar memiliki nilai jual yang tinggi pada UMKM di daerah Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Tangerang- Banten. Pada pelatihan kali ini masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Tangerang- Banten diajarkan cara membuat kemasan produk makanan berupa kue tradisional karena makanan dipilih karena lebih cepat untuk dijual pelatihan ini bertujuan agar dapat mampu memahami konsep desain kemasan, label kemasan hingga dapat mengembangkan desain kemasan produk yang sudah ada agar dapat menarik minat pembeli. dengan harapan agar dapat menambah keterampilan dan omset untuk memenuhi kehidupan sehari-hari sehingga masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Tangerang- Banten dapat mandiri dan sejahtera.tahapan pelatihan yang berikan mulai dari pelatihan pembuatan produk ,cara pengemasan (packaging) hingga pemasaran dengan memanfaatkan arus digital.

WhatsApp Image 2020-09-14 at 19.41.03

Gambar 2. Narasumber Sedang Memberikan Materi

Adapun gambar diatas pada saat tim PKM memberikan materi pelatihan serta ada diskusi dan tanya jawab antara warga desa cicalengka kecamatan pagedangan kabupaten tangerang-banten. Serta memberikan arahan terkait jenis usaha dalam meningkatkan kualitas kemasan produk yang inovatif dan menarik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Seperti kita ketahui tujuan yang ingin diraih dalam berwirausaha yaitu kesejahteraan hidup bagi dirinya, keluarga dan masyarakat. Kewirausahaan merupakan kecakapan hidup yang penting dimiliki oleh setiap orang. Kewirausahaan dapat dipelajari dan dikuasai. Orang yang memiliki semangat kewirausahaan disebut wirausaha atau lebih dikenal oleh masyarakat sebagai pengusaha. Wirausaha akan muncul dan berkembang bila ada peluang dan tantangan dalam bidang ekonomi.