PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang dengan Tema “PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA UKM KELURAHAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGGERANG-BANTEN”

WhatsApp Image 2020-09-06 at 20.59.51

Gambar 1: Foto Bersama Tim PKM di Ds.Cilengka Kec, Pagedangan.Kab ,Tangerang -Banten

UMKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di suatu daerah. Bahkan, ketika perekonomian nasional sedang mengalami pelambatan dan daya beli masyarakat menurun, UMKM tumbuh pesat dan mampu membuka peluang kerja baru bagi masyarakat kreatif dan inovatif. Atas dasar itulah tim pengabdian kepada masyarakat ingin memberikan sedikit materi yang diharapkan dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan pemahaman untuk selanjutnya dapat diterapkan oleh warga dalam kegiatan usaha.

Tempat pengabdian masyarakat ini dilakukan di Ds.Cilengka Kec, Pagedangan.Kab ,Tangerang –Banten. Dimana pada pengabdian masyarakat ini dikhususkan pada pelaku UKM. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung pada tanggal 05 – 06 September 2020 dengan dihadiri 20 (dua puluh) warga Ds.Cilengka Kec, Pagedangan.Kab ,Tangerang -Banten.

Pelaksanaan pemaparan materi berupa seminar yang disampaikan oleh empat pemateri atau nara sumber. Empat narasumber berasal dari tim dosen PKM UNPAM. Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Ketua PKM, Ibu Ratna Sari, S.E., M.M., menyampaikan kata sambutan sekaligus pembukaan acara PKM yang diadakan di Ds.Cilengka Kec, Pagedangan.Kab ,Tangerang -Banten. Selanjutnya pemaparan materi inti disampaikan oleh empat orang dosen dari tim PKM UNPAM. Pertama Ibu N.lilis Suryani, S.E., M.M., menyampaikan materi bagaimana cara membuat produk yang menarik. Kedua Bapak Darmadi, S.E., M.M., menyampaikan materi mencari lokasi yang strategis bagi pelaku usaha, ketiga Bapak Rahmad setiawan S.E., M.M., membuat konten promosi yang mudah di ingat oleh pelanggan dan keempat materi disampaikan oleh Noto Susanto, S.E., M.M., yang memberikan pemahaman bagaimana cara mendistribusikan produk sehingga bisa sampai ke pelanggan dan pemasaran online.

Di sela-sela penyampaian materi, pemateri mengadakan interaksi secara langsung dengan peserta, yakni menanyakan usaha apakah yang kira-kira akan mereka jalani jika akan membuka usaha. Peserta terlihat antusias. Setelah materi selesai disampaikan, diadakan selingan untuk menghibur para peserta sebelum melanjutkan materi berikutnya. Tim menampilkan tayangan berupa video yang berhubungan dengan materi perencanaan usaha untuk melihat respon peserta. Kemudian dilanjutkan dengan permainan yang menggiring peserta kepada pemikiran tentang bisnis apa yang akan mereka lakukan nanti.

WhatsApp Image 2020-09-06 at 21.00.42

Gambar 2: Foto Penyerahan parcel Kepada Kepala Ds.Cilengka Kec, Pagedangan.Kab ,Tangerang -Banten

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang yang dilakukan oleh dosen-dosen program studi Manajemen berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari tempat pelaksanaan kegiatan ini di Ds.Cilengka Kec, Pagedangan.Kab ,Tangerang -Banten.

Harapan kami dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini dapat membuka wawasan dari masyarakat khususnya pelaku UKM Ds.Cilengka Kec, Pagedangan.Kab ,Tangerang –Banten untuk dapat menerapkan strategi pemasaran yang efektif dan inovatif sehingga mampu bersaing dengan produk-produk daerah lain.

Penulis

*RATNA SARI, S.E., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)