PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 dengan Tema “PENGELOLAAN HASIL PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN HARGA JUAL PADA PETANI DI DESA CICALENGKA KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG – BANTEN”

WhatsApp Image 2020-09-07 at 14.28.35

Foto Tim PKM Bersama Kepala Desa Cicalengka dan Warga

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam. Tanaman pangan merupakan salah satu contoh pertanian yang banyak dipilih di Indonesia seperti padi, umbi-umbian, jagung dan lain-lain.

Dalam usaha agribisnis, pemasaran menjadi kunci utama agar produk pertanian bisa sampai ke pasar atau konsumen akhir. Pada kegiatan pemasaran, seringkali dijumpai rantai pemasaran yang panjang sehingga banyak pelaku pemasaran yang terlibat di dalamnya. Hal inilah yang menyebabkan tingginya akumulasi keuntungan yang diambil dari setiap pelaku pemasaran. Harga yang diterima petani sebagai produsen dan yang dibayarkan oleh konsumen akhir akan berbeda signifikan. Saat ini strategi pemasaran yang dilakukan oleh petani di Desa Cicalengka masih konvensional, petani sangat bergantung pada pedagang pengepul desa dimana harga yang diberikan oleh pedagang pengepul desa tidak sesuai dengan harga pasar. Selain itu pengetahuan petani masih sangat rendah dalam mengelola hasil pertanian dan resiko yang relatif besar dari aspek profitabilitas bisnis yang sulit di prediksi karena faktor eksternal yang mempengaruhi usaha-usaha pertanian. Kendala lain yang sering dihadapi petani adalah persoalan keterbatasan kemampuan pengelolaan usaha di bidang pemasaran, keterbatasan kemampuan memasarkan produk- produk olahan hasil pertanian sehingga potensi yang dimiliki desa Cicalengka kurang dikenal dan tidak mampu menerobos pasar, karenanya banyak petani yang dipermainkan oleh para pedagang pengepul sebagai penguasa mata rantai distribusi, sehingga harga di tingkat petani ditekan serendah mungkin. Kegiatan PKM ini dilakukan untuk mencari solusi guna memecahkan permasalahan strategi pemasaran di Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang – Banten.

Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang yang dilakukan oleh dosen-dosen program studi Manajemen berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari tempat pelaksanaan kegiatan ini di Desa Cicalengka RT 002/RW 002, Kecamatan Pagedangan. Dari praktek penyuluhan E- Commerce, serta cara mengemas produk agar lebih menarik, didapatkan bahwa para petani sudah paham bagaimana cara mempergunakan aplikasi jual beli online dan bagaimana cara mengemas produk hasil pertanian yang akan dijual.

Diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat ini dapat berkembang lebih luas lagi khususnya dalam bidang pemasaran E – Commerce sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak petani selain di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang – Banten.

 

Penulis

*IRIANA KUSUMA DEWI, S.E., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)