PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 dengan Tema, ” OPTIMALISASI PERAN KELURAHAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN FUNGSI KELURAHAN SEBAGAI FASILITATOR MASYARAKAT KELURAHAN PAMULANG BARAT KOTA TANGERANG SELATAN”

PKM KELURAHA PAM BARAT ANDRI 1

Gambar 1: Foto Dosen dan Mahasiswa

TUGAS seorang dosen atau pendidik begitu mulia, dosen bisa kita sebut dengan maha guru yang selalu dikenang sepanjang masa yaitu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Jika bukan karena jasa dan perjuangan seorang guru maka anak-anak kita tidak mengenal huruf dan membaca. Salah satu tugas mulia dosen, tertuang dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain  mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti :  Mengajar, Meneliti dan Mengabdi Kepada Masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) harus segera dilaksanakan tiap semester, baik semester ganjil dan semester genap. maka dari pada itu, kami selaku tim PKM kemudian mendatangi  Bapak Supriyadi selaku Lurah Kelurahan Pamulang barat, sehingga pada akhirnya diizinkan untuk melakukan kegiatan PKM, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Maka Pada Hari senin,, 12 april 2021, pukul 09’00 wib, tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan PKM pada Kelurahan Pamulang barat Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Bapak Andri Priadi S.E., M.M. beserta anggotanya Fauziah Septiani, S.E., M.M , Sairin, S.E., M.Ak , Supardi, S.Pd., M.M  dan Dra. Suharni Rahayu, S.E., M.M. PKM ini mengangkat sebuah tema “Optimalisasi Peran Kelurahan Dalam Rangka Meningkatkan Fungsi Kelurahan Sebagai Fasilitator Masyarakat.

PKM KELURAHA PAM BARAT ANDRI 1.2

Gambar 2: Foto Bersama Mitra PKM

Kedatangan Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang disambut baik bapak supriyadi selaku lurah pamulang barat selaku beberapa staf kelurahan lainnya. Beliau berharap jika keadaan sudah kembali normal maka PKM harus dilaksanakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin, mudahan tahun depan kondisi Negara yang kita cintai Indonesia terbebas dari wabah Virus Covid-19, sehingga kegiatan PKM yang dilaksanakan dapat memberikan ilmu baru bagi para pegawai Kantor Kelurahan pamulang barat agar menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan wawasan tentang pengembangan tentang Optimalisasi Peran Kelurahan Dalam Rangka Meningkatkan Fungsi Kelurahan Sebagai Fasilitator Masyarakat.  Dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat, tentunya kelurahan sangat besar perannya sebagai fasilitator dalam berbagai aktivitas kependudukan, oleh karena itu dalam bidang pelayanan ini, SDM di Bidang pelayanan ditambahkan dengan menyelenggarakan perekrutan petugas administrasi bidang pelayanan dan IT untuk memperluas rentang kendali pelayanan Kelurahan Pamulang Barat. Lurah mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, mengawasi, mengendalikan, menyelenggarakan pemerintahan Kelurahan sesuai dengan Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kelurahan.

Tugas Pokok dan Fungsi secara umum merupakan hal-hal yang harus bahkan wajib dikerjakan oleh seorang anggota organisasi atau pegawai dalam suatu instansi secara rutin sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan program kerja yang telah dibuat berdasarkan tujuan, visi dan misi suatu organisasi. Setiap pegawai seharusnya melaksanakan kegiatan yang lebih rinci yang dilaksanakan secara jelas dan dalam setiap bagian atau unit. Rincian tugas-tugas tersebut digolongkan kedalam satuan praktis dan konkrit sesuai dengan kemampuan dan tuntutan masyarakat. Tugas Pokok dan fungsi (TUPOKSI) merupakan suatu kesatuan yang saling terkait antara Tugas Pokok dan Fungsi. Dalam Peraturan Perundang-undangan pun sering disebutkan bahwa suatu organisasi menyelenggarakan fungsi-fungsi dalam rangka melaksanakan sebuah tugas pokok. Melalui kegiatan pemberdayaan, individu dan masyarakat disadarkan akan potensi, kebutuhan dan masalah yang ada pada diri dan lingkungannya. Selanjutnya mereka didorong untuk mau melakukan perubahan yang dimulai dari dalam diri.

PKM KELURAHA PAM BARAT ANDRI 1.3

Gambar 3: Foto Bersama antara Dosen, Mahasiswa dan Mitra PKM

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah terbentuknya sebuah Budaya Organisasi yang handal dan profesionalisme pada kantor Kelurahan pamulang barat  yang dapat dijadikan sebagai salah satu media dalam manajemen pengetahuan. Ilmu, yang diperoleh pada pengabdian masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan semangat baru serta manfaat bagi karyawan kelurahan khususnya dan umumunya masyarakat sekitar kantor Kelurahan Pamulang barat agar mampu berkontribusi dalam pengembangan nilai nilai yang terkandung dalam budaya organisasi.

Segenap Tim PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang sangat berharap apa yang telah kami perbuat baik perjuangan, ilmu pengetahuan dan wawasan yang didapat  pada pengabdian masyarakat kali ini mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan  materi dan motivasi serta mampu berkontribusi bagi generasi muda, khususnya para mahasiswa/i agar yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kalangan dosen serta masyarakat pada umumnya.

Penulis :

Andri Priadi.S.E.,M.M ( Dosen Prodi Manajemen S-1,  Universitas Pamulang)