PKM Dosen Prodi Manajemen S-1 dengan Tema, ” Mewujudkan Pelaku UMKM yang berdaya saing pada Era pandemi Covid19” Kelurahan Benda Baru

5.1

Gambar 1. Sambutan Ketua Pelaksana dan Narasumber

Dosen bisa disebut dengan maha guru yang selalu dikenang sepanjang masa yaitu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Jika bukan karena jasa dan perjuangan seorang guru maka anak-anak kita tidak mengenal huruf dan membaca. Salah satu tugas mulia dosen, tertuang dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain  mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti :  Mengajar, Meneliti dan Mengabdi Kepada Masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) harus segera dilaksanakan tiap semester, baik semester ganjil dan semester genap. Menurut jadwal yang Sebenarnya kegiatan PKM tersebut seharusnya sesuai acuan proposal dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2021 . Oleh karena bulan april tersebut masih diberlakukan (Pembatasan Sosial Berskala Besar) PSBB yang sesuai Pergub No : 88 Tahun 2020, maka aktivitas dan kegiatan yang melebihi lima orang ditiadakan acara apapun yang mengundang massa untuk berkumpul. Kedatangan Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang disambut baik  Sekretraris Lurah Kelurahan Benda Baru dan beberapa staf kelurahan lainnya. Beliau berharap jika keadaan sudah kembali normal maka PKM harus dilaksanakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin, mudahan tahun depan kondisi Negara yang kita cintai Indonesia terbebas dari wabah Virus Covid-19, sehingga kegiatan PKM yang dilaksanakan dapat memberikan ilmu baru bagi para pegawai Kantor Kelurahan Benda Baru  agar menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.

 5.2

Foto Bersama dengan Peserta dan Anggota PKM

Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan ilmu dan wawasan mengenai bagaimana UMKM bisa bangkit dari keterpurukan selama pandemi covid 19. Oleh karena pentingnya UMKM ini maka perlu dilakukan pelatihan UMKM guna menunjang keberlangsungan dari UMKM di Indonesia dan membantu mereka mengatasi berbagai permasalahan yang ada seperti aspek pengelolaan atau manajemen hingga aspek permodalan yang dibutuhkan. Pelatihan yang sifatnya paduan pengembangan UMKM menjadi sangat penting, terlebih di kondisi saat ini, dimana pendemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Banyak usaha yang terancam keberlangsungannya termasuk UMKM. Pengaruh pandemi ini banyak memberikan pengaruh dari segi operasional, manajerial, hingga finansial yang dapat mengakibatkan kerugian hingga penutupan usaha. Terlebih lagi pemilik UMKM merupakan pelaku usaha mandiri, dimana mereka sangat bergantung pada produktivitas kesehariannya. Untuk itu, melalui pelatihan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan ketrampilan dalam proses produksi maupun peningkatan manajerial, operasional, dan finansial. Melalui pelatihan bisnis terutama peningkatan ketrampilan, pemilik UMKM diajarkan untuk meningkatkan produktifitas produksi sehingga didapatkan hasil yang optimal. Dengan pelatihan juga mampu melatih ketrampilan manajerial dari pelaku UMKM dimana akan diajarkan tentang bagaimana pemecahan masalah-masalah yang dapat menganggu produktifitas usaha. Dengan mengenal teknologi informasi yang ada saat ini, maka sangat memungkinkan untuk mengemas program-program pelatihan untuk pengembangan UMKM dalam bentuk digital, dimana materi pelatihan dapat diakses oleh peserta dengan memanfaatkan sistem informasi yang ada. Selain dapat menggiring pelaku UMKM untuk lebih terbiasa menggunakan teknologi yang ada, metode ini juga menyesuaikan dengan kondisi saat ini dimana wabah Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk melakukan social distancing.

 5.3

Foto Bersama ketua Pelaksana dan Pak Lurah

Kota Tangerang Selatan. Kelurahan Benda Baru  Kecamatan Pamulang terbentuk berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Tangerang No.05 Tanggal 19 September 2005 tentang perubahan 77 desa menjadi kelurahan. Kemudian berdasarkan UU No.51 Tahun 2008 Tanggal 26 November 2008 tentang pembentukan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten. Kantor Kelurahan Benda Baru  dengan luas Wilayah : 412,91 Ha. Dengan batas wilayah : − Sebelah Utara berbatasan dengan : Kecamatan Ciputat − Sebelah Selatan berbatasan dengan : Kota Depok − Sebelah Barat berbatasan dengan : Kecamatan Serpong − Sebelah Timur berbatasan dengan : Kelurahan Benda Baru..

Demikian artikel ini dibuat agar para pembaca memahami  bagaimana meningkatkan gairah Wirausah UMKM di masa pandemi covid 19di Kelurahan Benda Baru .

Penulis

*Dr (Can) Senen , S.E., M.M & Krisnaldy.,SE.,M.Si  (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)