PKM Dosen Prodi Manajemen S-1, ” Community Of Practice Sebagai Solusi PKK Kelurahan Benda Baru Dalam Upaya Mempercepat Penanggulangan Covid” Kelurahan Benda Baru Tangerang Selatan

Selasa 2 November 2021, Dosen UNPAM (Universitas Pamulang) melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat)  di Kelurahan Benda Baru Tangerang Selatan. Sasaran pelaksanan PKM kali ini adalah Kelurahan benda baru. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif penyimpanan data bagi ibu-ibu PKK Kelurahan Benda Baru dalam menyimpan informasi serta pengetahuan yang dimiliki selama menghadapi kasus covid-19 yang terjadi di wilayahnya. Kegiatan PKM yang dilakukan antara lain memberikan penyuluhan terkait community of practice (CoP) sebagai solusi PKK kelurahan benda baru dalam upaya mempercepat penanggulangan covid.  Dalam kesempatannya ketua pelaksanaan Risza Putri Elburdah, S.Pt.,M.M mewakili tim dosen Unpam dalam kegiatan ini menyampaikan pembentukan Community of Practice menjadi salah satu upaya untuk menyimpan dan menyebarkan informasi dan pengetahuan dalam penanggulangan covid-19 ke kelurahan-kelurahan lainnya.

6.1

Gambar 1. Sambutan Ketua Pelaksana PKM

Metode yang dilakukan pada PKM ini adalah dengan melakukan : 1. Penyuluhan pemaparan peran COP dalam implementasi Knowledge Management; Secara umum, komunitas dibagi menjadi dua, yaitu komunitas yang berdasarkan minat dan hobi ( Community of Interest) dan komunitas yang dibangun karena kebutuhan terhadap peningkatan kompetensi dan pengetahuan (Community of Practice). 2. Penentuan kompentensi individu; Selanjutnya organisasi mendukung pengembangan CoP yang fokus membahas pengetahuan penting tersebut. Tidak lupa organisasi bisnis perlu memantau apakah topik diskusi sejalan dengan pengetahuan penting. 3. Pelatihan pembentukan COP.

Kegiatan ini di monitoring dan evaluasi setelah dilakukannya COP yang kedua dengan topik yang berbeda; CoP akan sangat membantu sebagai bank data media penyebaran penanggulangan covid-19. Masalahnya, tidak seluruh anggota organisasi memiliki kesadaran yang sama sehingga mereka tidak begitu tertarik untuk melakukan sharing. Atau pada kasus lainnya, anggota ingin melakukan sharing tetapi tidak ada media yang tersedia.

6.2

Gambar 3. Peserta PKM Kelurahan Benda Baru

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 hari  (2-4 November 2021) yang diikuti oleh ibu-ibu PKK dan pegawai Kelurahan Benda Baru.  Ibu-ibu PKK antusias membentuk CoP yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan pengetahuan terkait penaggulangan Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya informasi-informasi penting yang terkumpul dari pengalaman pribadi. Informasi dan pengetahuan yang terkumpul akan disimpan  dalam bentuk catatan digital dan akan  disebarkan kembali oleh para anggota community of practice  di Kelurahan Benda Baru. Catatan digital tersebut akan diperbaharui setiap bulannya pada saat  pertemuan yang dilakukan melalui media community of practice.

Bapak H. Saidun, S.E.,M.Si. selaku Lurah di Kelurahan benda baru menyampaikan bahwa mereka mengharapkan acara PKM di Kelurahan benda baru ada kelanjutannya, sehingga kegiatan ini  dapat mengembangkan kemampuan pegawai kelurahan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat yang berdomisili di wilayahnya tersebut.

6.3

Gambar 2.Bapak H.Saidun.,SE.,MM Lurah Kelurahan Benda Baru

Kegiatan PKM ini sukses berjalan atas dukungan penuh dari Universitas Pamulang dan LPPM. Adapun tim dosen yang turut menyukseskan diantaranya MC oleh Derita Qurbani, S.Psi., M.M, Moderator Acara Maghfiroh Yanuarti, S.Pd., M.Pd., Pemateri Dr. Suharni Rahayu, M.M.,dan Sairin, S.E.,M.Ak., serta seksi konsumsi  dan dokumentasi dari rekan-rekan mahasiswa. (red.)

6.4

Gambar 4. Tim PKM Universitas Pamulang

 

Penulis : Risza Putri Elburdah, S.Pt., M.M & Maghfiroh Yanuarti, S.Pd., M.Pd.

Dosen Manajamen Universitas Pamulang