PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI MANAJEMEN S1 UNIVERSITAS PAMULANG DI YAYASAN PAKEM BUMI INDONESIA

 

 ann1

Gambar 1: Foto Bersama Peserta PKM, DPL dan Pengelola Yayasan

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu cara bagi mahasiswa dalam memberikan kontribusi nyata untuk Indonesia. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat yang dapat dijadikan pembelajaran dan pengalaman baru yang dapat menambah wawasan para mahasiswa/i.

Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) mahasiswa fakultas ekonomi program studi manajemen Universitas Pamulang berlangsung pada hari sabtu tanggal 18 September 2021 bertempat di Yayasan panti asuhan Pakem Bumi Indonesia yang beralamat di Jl.H. Maskur No.49 RT.002/RW.002, Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten. Kegiatan ini disambut hangat oleh Bapak Wahyu Purwanto selaku ketua Yayasan Pakem Bumi Indonesia, beliau dengan senang hati memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk bisa berinteraksi lebih dekat dengan anak-anak, berbagi cerita dan pengetahuan yang diharapkan dapat membantu dalam proses belajar dan perkembangan mereka.

ann2

Gambar 2: Mahasiswa Saat Menyampaikan Materi PKM

Meskipun masih dalam kondisi pandemi tidak mengurangi semangat para mahasiswa/i dalam berpartisipasi dalam kegiatan PKM ini. Selain menerapkan protokol Kesehatan secara konsiten mahasiswa juga melakukan pengecekan suhu, menyediakan masker dan handsanitizer untuk digunakan para peserta selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan PKM ini membawakan tema tentang “pentingnya membangun kepercayaan diri pada anak sejak dini” yg diketuai oleh Ria Apriyani dan dibantu anggotanya Dwi Kanthi, Sugeng Riyanto dan Hendri Muslim, juga didampingi oleh Dosen Pembimbing Bapak Andri Priadi, S.E., M.M.

ann3

Gambar 3: Suasana Saat PKM Berlangsung

Dengan tema tersebut para mahasiswa bermaksud memberikan penyuluhan kepada anak-anak tentang pentingnya membangun rasa percaya diri di usia mereka. Hal ini disampaikan oleh Ria pada presentasinya, dengan memiliki rasa percaya diri sejak dini, akan dapat memudahkan anak melakukan banyak hal, termasuk dalam meraih cita-cita. Hal ini karena mereka memiliki perasaan yakin yang besar pada diri sendiri. Dengan memiliki rasa percaya diri, anak-anak juga dapat lebih mudah mengekspresikan diri mengembangkan kreativitas.

Para mahasiswa juga memberikan penyuluhan dengan cara yang menyenangkan kepada anak-anak, seperti menonton film bersama, bermain tanya jawab dan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk maju ke depan dan memperkenalkan diri. Diharapkan melalui penyuluhan yang menyenangkan ini apa yang disampaikan oleh mahasiswa dapat dimengerti oleh anak-anak dan dapat dipraktekan langsung dalam keseharian mereka dan menjadi bekal hingga mereka dewasa nanti.

ann4

Gambar 4: Penyerahan CinderaKasih anatara DPL dan

Sebagai bentuk rasa terima kasih karena telah memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan PKM ini kepada mahasiswa/i Universitas Pamulang, di akhir kegiatan para mahasiswa memberikan cindramata berupa plakat kepada Yayasan Pakem Bumi Indonesia yang di serahkan oleh Bapak Andri Priadi, S.E., M.M. selaku dosen pembimbing. Para mahasiswa berharap kegiatan PKM ini dapat bermanfaat bagi anak-anak di Yayasan Pakem Bumi Indonesia.