KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “STRATEGI PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 ERA NEW NORMAL BAGI IBU-IBU PKK DAN PEKAKU UMKM KELURAHAN BENDA BARU KECAMATAN PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN”

7.1

Foto tim PKM

Manajemen merupakan salah satu program studi di Universitas Pamulang. Program studi ini memiliki andil dalam mencetak lulusan yang berkarakter serta mampu bersaing di dalam dunia kerja, serta dapat berperan bagi pembangunan. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian, sesuai undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 20 ayat 2 dinyatakan: ”Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat”. Pada Pasal 24 ayat 2 disebutkan: ”Perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat”.

PKM merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Program PKM merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip: motivasi pemenuhan kompetensi akademik, jiwa kewirausahaan, dan profesional, sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

7.2

Foto saat PKM sedang berlangsung di Kelurahan Benda Baru dengan mematuhi protokol kesehatan

 PKM kali ini mengenai strategi pemasaran di masa pandemi covid 19 bagi ibu-ibu PKK dan UMKM di kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan yang diketuai oleh Styo Budi Utomo, S.Pd. I., M.M. beserta anggota lainnya yaitu Eko Sudarso, S.T., M.M., Hendri Prasetyo, S.E., M.M., Gina Fauziah, S.Sos., M.I.Kom., Haris Baihaqi, S.T., M.M. Dalam pelaksanaan PKM ini sambutan  hangat dan baik diberikan oleh Bapak H. Saidun, S.E., M.M. selaku Lurah Benda Baru. Harapan kami dengan PKM ini dapat merangkul masyarakat khususnya ibu-ibu PKM dan UMKM dalam mengikuti kegiatan meningkatkan softskill untuk memperkuat pengetahuan dalam hal pemasaran.

7.3

Foto penyerahan plakat Lurah Benda Baru Bapak H. Saidun,SE.,MM bersama Wakil tim PKM, Haris Baihaqi.,S.T.,M.M 

Di akhir PKM ini kami sangat berterimakasih kepada bapak H. Saidun beserta jajaran staf kelurahan Benda Baru atas kesempatan yang diberikan sehingga dapat terselenggara kegiatan ini dengan baik. Kami selaku tim PKM dosen Universitas Pamulang Program Studi Manajemen S1 semoga atas niat baik, tulus, dan ikhlas dalam memberikan pengetahuan mengenai manajemen pemasaran akan sangat berguna bagi pelaku UKM dalam meningkatkan penjualan produk mereka.

Penulis

EKO SUDARSO, S.T., M.M. (Dosen Program Studi Manajemen S1, Universitas Pamulang)