PEMILIHAN KONSENTRASI / PEMINATAN

  • Konsentrasi Manakeuanganjemen Keuangan

Mahasiswa yang mengikuti konsentrasi ini diharapkan memiliki kemampuan dalam bidang pengelolaan keuangan secara komputerisasi yang meliputi pengelolaan sumber dan penggunaan dana, manajemen dana/investasi, serta resiko yang mengikutinya untuk peningkatan nilai perusahaan pada masa yang akan datang dan memanfaatkan pasar modal dalam pengembangan investasi perusahaan serta dapat mengelola pengaruh lingkungan internasional.

Keunggulan Dibidang Keuangan

  1. Estimasi Kebutuhan Modal. Manajer keuangan dan timnya, kadang ditugaskan untuk menghitung dana yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjalankan bisnisnya.
  2. Memaksimalkan Pemanfaatan Dana Perusahaan. Memastikan bahwa aliran dana untuk kebutuhan bisnis terus ada, mengalokasikan untuk kegiatan-kegiatan yang mendatangkan keuntungan dan likuiditas.
  3. Menentukan Struktur Modal. Menentukan besaran modal yang diinvestasikan, serta kemana harus diinvestasikan, apakah ke dalam bentuk ekspansi bisnis baru atau ke dalam pasar modal.
  4. Mendistribusikan Keuntungan Mampu mendistribusikan keuntungan untuk melakukan perluasan bisnis yang lebih menguntungkan lagi dan juga membagi keuntungan itu ke beberapa pemegang saham
  5. Melakukan Kontrol Terhadap Keuangan.Manajer keuangan juga memiliki tugas untuk melakukan kontrol terhadap uang yang dimiliki oleh perusahaan, memantau uang yang masuk dan yang keluar.
  6. Investasi Aman. Perusahaan dapat menginvestasikan dana yang dimiliki melalui perluasan bisnis, atau menginvestasikan uangnya ke pasar modal. Dengan manajemen keuangan dan analisa keuangan yang baik, dana-dana tersebut bakal diinvestasikan dengan aman dan pastinya menguntungkan.
  7. Mampu Memberikan Kepastian Untuk Para Pemegang Saham. Salah satu manfaat bila perusahaan memiliki manajerial keuangan yang baik adalah mereka mampu memberikan kepastian laba, kepastian harga pasar, dan kepastian laporan keuangan yang sehat untuk para pemegang sahamnya.

Mata Kuliah                                                                 Mata Kuliah Pilihan
Analisa Laporan Keuangan
Manajemen Dana Bank dan Akuntansi                      Seminar Keuangan Internasional
Manajemen Keuangan Internasional
Pasar Modal dan Portofolio
Seminar Manajemen Keuangan

 

  • Konsentrasi Mapemasarannajemen Pemasaran

Mahasiswa yang mengikuti konsentrasi ini diharapkan mampu melakukan analisis pasar dan pemasaran perusahaan dengan mengunanakn informasi yang ada maupun melalui riset pasar yang dilakukan secara mandiri untuk mengembangkan kebijakan pemasaran yang strategis.  Kebijakan tersebut meliputi penentuan pasar sasaran (target market), penyusunan program-program pemasaran dan implementasinya serta pengendalian dengan memperhatikan aspek global yang tidak mungkin dihindari dalam praktek pemasaran.

Keunggulan Dibidang Pemasaran

  1. Bisa menciptakan penghasilan sesuai keinginan kita.Penghasilan seorang marketing tak terbatas dengan insentif/komisinya penghasilan mereka bisa melebihi rekan kerja di kantornya atau bahkan melebihi penghasilan atasannya.
  2. Gratis keahlian dalam berbisnis.Ketika menjadi seorang sales & marketing di sebuah perusahaan pastinya akan dibekali dengan pengertian product knowlage atas barang/jasa yang akan di pasarkan, strategi penjualan supaya barang/jasa dapat segera di serap oleh pasar.
  3. Memiliki kesempatan bertemu orang penting dan menjalin hubungan berharga dengan mereka.Ada nilai yang sangat berharga di sini dimana seorang marketing harus menemui seseorang yang memiliki jabatan-jabatan top di sebuah perusahaan atau instansi untuk melakukan proses penjualan sampai dengan terjadinya transaksi jual beli
  4. Memiliki kemampuan menyederhanakan informasi.Marketing adalah menjual ide, kita harus bisa membuatnya menjadi lebih mudah untuk diterima dan dimengerti. Sehingga pesan yang ingin disampaikan mampu membuat mereka menutup penjualan dengan kata “DEAL”.
  5. Dapat belajar mandiri dan memotifasi diri sendiri. Kemandirian seorang marketing sangat bermanfaat ketika mereka lepas dari pekerjaan formal dan berniat untuk bisnis sendiri.
  6. Dapat meningkatkan kreatifitas diri sendiri.Kreatifitas dalam pencarian solusi atas masalah yang ada akan lebih mematangkan skill pribadi seorang marketing, sehingga karir seorang marketing biasanya lebih terbuka.
  7. Dapat mengatasi kegagalan dan berjiwa pemberani.Semakin banyak merasakan penolakan jiwa pemberani akan semakin kuat, rasa takut akan kegagalan lambat laun akan hilang dan akan menjadi hal biasa.

Mata Kuliah                                                                                             Mata Kuliah Pilihan
Sistem Informasi Pemasaran                                                                      
Strategi Pemasaran                                                                                Service Pemasaran
Manajemen Pemasaran Internasional
Seminar Manajemen Pemasaran
Riset Pemasaran

  • Konsentrasi Manajesdmmen Sumber Daya Manusia

Mahasiswa yang mengikuti konsentrasi tersebut diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menganalisis dan mengelola SDM sebagai sumber daya utama perusahaan meliputi analisis kebutuhan SDM masa akan datang, cara pemenuhannnya, pengembangan SDM yang berbasis teknologi informasi, mengevaluasi dan meningkatkan kinerja SDM serta upaya membangun budaya budaya organisasi yang sesuai dengan tuntutan strategi perusahaan.Para lulusan dalam bidang MSDM ini banyak berkarier di departemen/instansi swasta, negeri, dan sektor-sektor non profit serta pada perusahaan-perusahaan konsultan domestik maupun asing.

Keunggulan Dibidang Sumber Daya Manusia

  1. Banyak Hal yang Bisa Dilihat dan Dikerjakan. Menemui banyak orang (pelamar) dengan kepribadian dan budaya yang berbeda-beda.
  2. Tidak Ada Hari yang Membosankan. Ada banyak hal baru yang bisa Anda temui dan rasakan setiap harinya dalam pekerjaan Anda.
  3. Perkembangan yang Berkelanjutan. Semangat yang selalu dipegang seorang HRD adalah perkembangan dan mengubah banyak hal menjadi lebih baik.
  4. Selalu Terjadi Perubahan (Positif). Profesi sebagai HRD tidak pernah statis karena berurusan dengan banyak SDM dan sistem atau program yang saling mempengaruhi satu sama lain.
  5. Mempelajari Hal Baru Terkait HR Setiap Hari. Masalah di kantor, tugas baru, perkenalan dan penyesuaian dengan setiap karyawan yang baru masuk dan sebagainya merupakan hal-hal yang setiap waktu dialami oleh divisi HR.
  6. Memberikan Timbal Balik Bagi Perusahaan. Walaupun tidak secara langsung memberikan timbal balik atau keuntungan bagi perusahaan seperti tim marketing, namun divisi HR merupakan salah satu aspek atau orang di balik layar suksesnya sebuah perusahaan.
  7. Membantu Orang Lain. Divisi yang akan dicari ketika karyawan memiliki masalah (di bidang kepegawaian) adalah HRD. Di sinilah Anda bisa berperan untuk membantu setiap karyawan yang membutuhkan bantuan.
  8. Ketika tim HRD dihadapkan dengan berbagai macam kepentingan perekrutan, pemegang saham, permasalahan antara pegawai dan sebagainya, mereka harus berpikir kreatif dan berinovasi untuk mendapatkan solusi terbaik.
  9. Masuk ke Dalam Dunia HR yang Lebih Besar. Tidak sedikit ada perkumpulan atau organisasi dan komunitas HR. Di sana, semua praktisi HR dapat bertemu dan berkumpul untuk saling berbagi cerita, pengalaman hingga mencari solusi akan masalah yang dihadapi masing-masing divisi HR perusahaan.

Mata Kuliah                                                                                            Mata Kuliah Pilihan
Audit Sumber Daya Manusia
Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia                               Balance Score Card
Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional
Seminar Perencanaan Sumber Daya Manusia
Seminar Sumber Daya Manusia

 

Selanjutnya, Anda dapat memilih salah satu diantara ketiga konsentrasi tersebut dengan cara mengklik tautan di bawah ini: