MAHASISWA PRODI MANAJEMEN S-1 UNIVERSITAS PAMULANG MENGIKUTI LOMBA INOVASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA KE-VIII TINGKAT KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2020

 

inovasi-1

Gambar 1: Poster Lomba Inovasi Gelar Teknologi Tepat Guna 2020

Ditengah mewabahnya pandemic Covid-19 ini tidak mengurungkan niat dua jagoan dari prodi manajemen dalam mengikuti Lomba Inovasi Gelar Teknologi Tepat Guna. Dan ini merupakan bentuk esensi dari mahasiswa. Lomba Inovasi Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kota Tangerang Selatan ini diselenggarakan untuk yang ke 8 (delapan) kalinya dan merupakan rangkaian Program Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Acara lomba inovasi TTG ini merupakan acara yang digelar setiap tahun guna mengajak warga untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat atas temuan mereka untuk digunakan masyarakat umum.

Adapun maksud dan tujuan lomba inovasi TTG ini adalah untuk memberi kesempatan kepada Inovator yang berbasis pemberdayaan masyarakat untuk mengikuti Lomba Inovasi TTG Tingkat Kota Tangerang Selatan baik untuk pelajar maupun mahasiswa/masyarakat umum berupa alat teknologi maupun produk yang telah dibuat/dihasilkan.

WhatsApp Image 2020-07-16 at 12.20.08

Gambar 2: Foto Peserta Dari Prodi Manajemen Saat Mengikuti Lomba TTG

Mahasiswa Prodi Manajemen mengambil peluang tersebut. Mahasiswa yang sedang membawa nama prodi itu adalah Satrio Wibowo berperan sebagai ketua tim, dan anggotanya adalah Ahmad Lukmanul Hakim. Kedua mahasiswa tersebut tentunya tidak berjalan sendiri, akan tetapi dibimbing langsung oleh dosen pembimbing yang memang kompeten dalam hal tersebut. Beliau-beliau ini adalah Bapak Arif Siaha Widodo, SE., MM.,CMA ,CHRA., Ibu Rissa Hanny, S.Psi., S.Pd., M.M., dan Bapak Dedek Kumara, S.E.,M.M.

WhatsApp Image 2020-07-16 at 12.20.09

Gambar 3: Foto bersama antara peserta Lomba dan Bapak Arif Siaha Widodo, SE., MM.,CMA ,CHRA. selaku Pembimbing Lomba

Judul yang diusul oleh pentolan prodi manajemen itu adalah “Aplikasi Bio Teknologi Konsentrat  Herbal  Probiotik Untuk Peningkatan Produktivitas Tambak”. Sesuai dengan hasil chat via WhatsApp bersama Bapak Arif Siaha Widodo, SE., MM.,CMA ,CHRA mengatakan bahwa ternyata tidak sebentar waktu yang disediakan untuk ikut lomba tersebut, butuh waktu Persiapan 4 bulan dari Februari – Juli 2020. Selanjutnya Pak Arif mengatakan bahwa Aplikasi bioteknologi kosentrat herbal ini, dalam aplikasinya di campur dengan pakan udang ataupun ikan lainya. Dalam produk ini mengandung multivitamin yang di butuhkan oleh udang dan ikan. Sehingga nafsu makan menjadi meningkat, dan mampu menyerap pakan dengan maksimal, tidak banyak yg terbuang. Feed conversion ratio nya ( FCR ) atau rasio pakan terhadap volume ikan menjadi turun, misalnya kalau tidak pake apkikasi ini, kebutuhan pakan itu butuh 1.4 kg untuk menghasilkan udang atau ikan 1 kg. Setelah pakai aplikasi ini hanya perlu 1,1 kg pakan, jadi biaya pakan lebih sedikit karena kebutuhan lebih sedikit. Dan berdampak pada  Produktivitas hasil panen meningkat hingga 30 persen. Survive ratio ( rasio hidup) udang atau ikan naik 20 persen. Ibu Rissa Hanny, S.Psi., S.Pd., M.M. menambahkan dan berharap semoga mahasiswa mampu  terus berinovasi dan mampu bersaing baik ditingkat lokal, nasional maupun internasional dan Semoga kali ini bisa menjadi terbaik, imbuhnya.

WhatsApp Image 2020-07-16 at 09.52.14

Gambar 4: Suasana Saat Pembukaan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kota Tangerang Selatan

Pada kesempatan ini juga Bapak Dr. Kasmad, S.E., M.M. selaku Kaprodi Manajemen Mengatakan atas nama prodi manajemen menaruh harapan besar kepada mahasiswa dan para Pembina yang sedang berjuang, semoga mendapatkan yang terbaik dan menjadi contoh bagi mahasiswa lain. ini bukan hanya juara yang diharapkan, yang lebih penting adalah mahasiswa berani menampakan diri itu yang lebih penting, dan yang lebih penting lagi adalah proses yang sudah dijalani harus dihargai dan diapresiasi dengan baik. Pada kesempatan ini juga Bapak Dr. Udin Ahidin, S.E., M.M. selaku Wakaprodi manajemen mengatakan via chat whatsaap “Jika dilihat dari produk yang akan diajukan dalam lomba,  menurut saya ada unsur inovasinya, ada state of the art“, sehingga saya optimis peserta dari prodi Manajemen S-1 Unpam akan jadi pemenang minimal 3 besar. Aamiin. Lebih lanjut Bapak Dr. Udin Ahidin memperkuat optimismenya dengan mengatakan Kalaupun kemenangan itu masih tertunda, minimal kita sudah menunjukan kepada khalayak, bahwa Unpam khususnya Prodi Manajemen S1 memiliki potensi Sumber Daya Manusia yang handal dan memiliki harapan kedepan untuk diasah, dan dioptimalkan sehingga mampu menghasilkan produk-produk yang dapat menjawab berbagai problematika yang ada di masyarakat dalam berbagai bidang. Satu hal penting yang perlu catat adalah kita tetap semangat dan terus menggali potensi sehingga akan muncul prestasi-prestasi anak bangsa dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang, imbuhnya.

 

BANGKITLAH MAHASISWA MANAJEMEN DAN JAYALAH PRODI MANAJEMEN

Penulis:

Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)