Prodi Manajemen Merangkul Dosen dan Dirangkaikan Dengan Kegiatan Penguatan Penerbitan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus

WhatsApp Image 2020-07-09 at 23.31.46

 Gambar 1: Foto Bapak Dr. Kasmad, S.E., M.M. Selaku Kaprodi Manajemen Saat Memberikan Sambutan 

Pada Hari Kamis 9 Juli 2020 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang melakukan koordinasi dengan dosen diakhir Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 dan dirangkaikan denga Kiat Publikasi Artikel Ilmiah Terindeks Scopus untuk dosen dalam meningkatkan kinerja Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Hal tersebut dilakukan dalam menumbuhkan semangat para dosen tetap produktif ditengah pandemic Covid-19.

Acara via Daring tersebut  dihadiri langsung oleh Kaprodi Dr. Kasmad, S.E., M.M., Wakil Kaprodi Bapak Dr. Udin Ahidin, S.E., M.M., Bapak Sekretaris Prodi Bapak Drs. Waluyo Jati, M.M., dan Kepala Administrasi Prodi Bapak Iman Syatoto, S.E., M.M. Bapak Kaprodi memberikan motivasi kepada dosen untuk mengejar Jabatan Fungsional (Jafung)  dari yang status Tenaga Pengajar menjadi Asisten Ahli. Yang Asisten Ahli Menjadi Lektor, dan yang sudah Lektor Menjadi Lektor Kepala, dan yang Lektor Kepala Bisa lanjut ke Guru besar. Jafung harus terus dikejar demi menunjang akreditasi Prodi Manajemen dan Unpam pada umumnya.

seminar-page0001

Acara tersebut juga dirangkaiakan dengan kegiatan sharing session  terkait Penguatan Penerbitan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus. Pada kesempatan ini yang menajdi narasumber adalah Ibu Denok Sunarsih, S.E., M.M. yang merupakan salah satu Dosen Prodi Manajemen Unpam. Ibu Denok mengatakan bahwa untuk bisa publikasi pada jurnal terindeks scopus sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan oleh dosen. Yang penting ada kemauan yang kuat dan adanya keberanian untuk memulai submit. Apalagi Unpam lewat LPPM Unpam memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dosen yang terindeks scopus, baik itu Q1, Q2, Q3, Q4 dan seterusnya. Menurut dia seminar ini bertujuan untuk melatih dosen untuk termotivasi dan terampil menulis artikel ilmiah sehingga tidak ada lagi kesan bahwa menulis artikel yang terindek scopus tidaklah sesulit yang dibayangkan sebelumnya oleh para dosen. Acara ini diikuti oleh para dosen, khususnya dosen prodi manajemen dari berbagai latar belakang disiplin ilmu di prodi Manajemen. Selain produktif dalam mempublikasikan artikel ilmiah di lingkungan kampus. Ibu Denok berharap dahwa dosen prodi manajemen harus mulai keluar dari zona nyamannya untuk mulai memberanikan diri menulis jurnal terindeks scopus.

Kegiatan tersebut, disambut baik oleh Dosen, mengingat sebenarnya ingin sekali menulis pada jurnal terindeks scopus, hanya saja terkendala mulainya darimana dan belum adanya channel untuk mempublikasikan jurnal tersebut. Acara tersebut terlihat aktif dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang sampai acara mau ditutuppun masih banyak dosen yang ingin bertanya trik-trik jitu supaya bisa tembus bisa publikasi pada jurnal yang terindeks scopus.

 

Penulis

*Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)