PKM PRODI MANAJEMEN S1 “Pengaruh Community Of Practice (CoP) pada Implementasi Knowledge Management”

WhatsApp Image 2020-06-30 at 09.52.09

Gambar 1: Foto bersama saat Kegiatan PKM Tim PKM dengan Sekretaris Lurah Bapak Drs. Syahroni

April 2020, Dosen UNPAM (Universitas Pamulang) melakukan kegiatan PKM (pengabdian kepada masyarakat) di Kantor Kelurahan Rempoa daerah Ciputat. memberikan penyuluhan dalam kondisi Pandemi Covid bagi Pegawai Kantor Kelurahan Rempoa daerah Ciputat

— Tim PKM Dosen UNPAM diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kantor Kelurahan Rempoa.  Tim PKM sangat tertarik mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Rempoa dikarenakan potensi yang ada disana, sangat bisa dikembangkan. Sekaligus membantu mereka untuk bekerja efisien dan efektif dengan cara yang menyenangkan.

Kegiatan PKM yang dilakukan antara lain memberikan penyuluhan terkait pengembangan potensi Sistem kerja yang baik di Kelurahan Rempoa Ciputat. Ketua pelaksana PKM Ibu Risza Putri Elurdah , S.Pt., M.M. mewakili tim dosen Unpam dalam kegiatan ini menyampaikan dalam sambutannya bahwa berbagi pengetahuan  (knowledge sharing) dengan tata cara tertentu dikenal dengan istilah “Community of Practice” (CoP) dalam Knowledge Management (manajemen pengetahuan).  Tujuannya satu agar berbagi pengetahuan tersebut menjadi terarah dan menjadi aset bagi sebuah organisasi. Sementara materi pelatihan disampaikan oleh Bapak Styo Budi Utomo, S.Pd, M.M. yang mempresentasikan materi berjudul “Pengaruh Community Of Practice (CoP) pada Implementasi Knowledge Management” .

Saat ini pengetahuan menjadi tolak ukur kekuatan bagi suatu organisasi.  Sangat pentingnya sebuah pengetahuan ini mulai menjadi hal prioritas  bagi organisasi untuk menggali lebih dalam dan mengelola pengetahuan yang dimiliki agar dapat digunakan secara optimal dan memberikan keuntungan pada organisasi.  Proses menggali dan mengelola pengetahuan inilah yang dikenal dengan istilah Knowledge Management (KM)  atau Manajemen Pengetahuan (MP).

Kegiatan selanjutnya melakukan roleplay cara membentuk dan melakukan CoP yang dipandu langsung oleh Bapak Hestu Nugroho Warasto S.E.,M.Si.  Dalam roleplay tersebut beliau menjelaskan bahwa dalam melakukan CoP suasana sharing knowledge (berbagi pengetahuan) harus dijaga tetap seru dan menyenangkan.  Hal ini merupakan salah satu syarat CoP yang baik, agar seluruh anggota mau bergabung tanpa rasa takut.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung di  Kantor Kelurahan Rempoa daerah Ciputat diikuti Pegawai kelurahan Rempoa dengan antusias  terhadap materi yang diberikan. Peserta memiliki potensi yang memadai tapi perlu diberi motivasi untuk menerapkan Knowledge Management sehingga pelayanan di Kantor Kelurahan Rempoa dapat melayani masyarakat secara efektif dan efisien.

WhatsApp Image 2020-06-30 at 09.51.37

Gambar 2. Penyerahan Kenang-kenangan dari Tim PKM kepada Sekertaris Keluarahan Rempoa         

Bapak Drs. Syahroni selaku Sekertaris di Kelurahan Rempoa Ciputat dan Pegawai serta  masyarakat setempat menyambut baik kegiatan ini. Mereka mengharapkan acara PKM di Kelurahan Rempoa Ciputat ada kelanjutannya, sehingga kegiatan ini  dapat mengembangkan pengetahuan dan aplikasi yang berkaitan dengan Knowledge Management agar diterapkan pada Kantor Kelurahan Rempoa Ciputat.

Kegiatan PKM ini sukses berjalan atas bantuan dari Universitas Pamulang serta  tim dosen yang turut menyukseskan diantaranya oleh ibu Bulan Oktrina, S.Si, M.M., yang berperan sebagai pembawa acara pada kegiatan tersebut dan Bapak Supardi, S.Pd.I, M.M., yang bertindak sebagai moderator pada sesi Tanya-jawab. Tak lupa dukungan dari rekan-rekan mahasiswa yang membuat kegiatan PKM ini berjalan dengan lancar.

 

Penulis: Hestu Nugroho Warasto, SE., M.Si & Risza Putri Elburdah, S.Pt., M.M. (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)