Pengabdian Kepada Masyarakat “Membangun Mental Menghadapi Ujian Nasional”

NYOMAN 2 NYOMAN 1

Tangsel, 5-7 Desember 2019, Universitas Pamulang kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluan dan pembinaan ke SMP Negeri 83 Jakarta beralamatkan di Jl. Empang Bahagia Raya Jelambar Kota Jakarta Barat kode pos 11460, Kelurahan / Desa Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, D.K.I. Jakarta, tentang membangun mental menghadapi Ujian Nasional, penyuluan dan pembinaan ini dilakukan pada siswa/i yang berjumlah 571 peserta.

Kami yang terdiri dari lima orang Dosen Tetap Universitas Pamulang yang terdiri dari  Destian Andhani, S.E., M.M., Dr. I Nyoman Marayasa, SE., MM, Budi Haryono, S.Kom.,M.Ak, Ida Nurlina, S.Pd.,M.M., Umar Hanis, S.E., M.M., bersama dengan beberapa mahasiswa dari Universitas Pamulang, kegiatan penyuluan dan pembinaa ini dimulai dengan pembukaan dan  Ice Breaking tujuannya untuk membuat suasana lebih akrab. Setelah itu, menerangkan materi yang berkaitan dengan menumbuhkan mental dalam menghadapi ujian nasional.

Berdasarkan  wawancara, tanya jawab serta  pengamatan  langsung dengan para siswa-siswi selama kegiatan berlangsung, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini memberikan  pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi SMP Negeri 83 Jakarta tentang tata cara belajar yang baik agar menjadi siswa unggul dan persiapan-persiapan dalam menghadapi ujian nasional di tahun 2020 ini.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa perubahan yang dilihat dari siswa-siswi yang mengikuti kegiatan penyuluan dan pembinaan menumbuhkan  mental dalam menghadapi ujian nasional  karena ada beberapa juga siswa yang sangat bersemangat dan termotivasi untuk lebih giat belajar. Mereka menyadari selama ini  mereka sudah menyia-nyiakan waktu dalam belajar, dan mereka juga bertekad  untuk lebih semangat dalam belajar agar dapat membanggakan kedua orangtuanya dengan hasil yang memuaskan serta mencapai cita-cita yang mereka inginkan yaitu menjadi orang sukses di masa depan.

Penulis : Destian Andhani,