PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ( HMM-HIMPUNAN MAHASISWA MANAJEMEN)

img-20190319-wa0039

Mahasiswa sebagai agent of change dengan dasar Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penilitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat harus mampu mewujudkannya selama masa perkuliahannya agar dapat dibilang sebagai mahasiswa yang sesungguhnya. Himpunan Mahasiswa Manajemen melalui divisi ADKESMA (Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa), DIKBUD (Pendidikan dan Kebudayaan) dan Kewirausahaan bekerjasama mengadakan Pengabdian Masyarakat 2019 di Kampung Cijeungir, Desa Cipinang, Kec. Rumpin, Kab. Bogor. Acara ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam, 15 sampai 17 Maret 2019.

 

Pengabdian Masyarakat yang diadakan HIMA Manajemen ini sudah berlangsung selama 2 periode terakhir. Melalui tema “Mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Desa Cipinang Melalui Kebersamaan Dalam Berbagi” kegiatan ini berjalan dengan lancar yang berisikan berbagai macam rangkaian kegiatan yaitu pengajaran kewirausahaan terhadap masyarakat, pengajaran ngaji untuk anak kecil, kerja bakti, penyuluhan kebersihan lingkungan serta santunan untuk anak yatim. Rencana tindak lanjut sebagai jejak peninggalan di Kampung Cijeungir ialah pembangunan MCK di sekitar kampung karena adanya aliran sumber mata air yang digunakan warga sekitar untuk mencuci, mandi dan sebagainya.

Banyaknya masyarakat yang menanam pohon singkong oleh karena itu pelatihan kewirausahaan yang diberikan kepada masyarakat berupa pengajaran pembuatan bolu berbahan dasar singkong dengan kreasi kekinian. Penyuluhan tentang kebersihan lingkungan disampaikan oleh dosen pendamping PKM yakni Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M dan Dr. I Nyoman Marayasa, S.E., M.M.

img-20190318-wa0067

Harapan dari HIMA Manajemen dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa sadar akan tanggung jawab dan perannya sebagai agen perubahan untuk masyarakat sekitar dan negara. Serta menyalurkan ilmu yang didapat selama perkuliahan.

https://www.youtube.com/watch?v=nwi3coJ4ldU&feature=youtu.be