PKM Dosen Prodi Manajemen S-1, “PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DI KELURAHAN BENDA BARU, KOTA TANGERANG SELATAN”

8.1

Gambar 1. Bagian muka Kantor Kelurahan Benda Baru

Tugas seorang dosen atau pendidik begitu mulia, dosen bisa kita sebut dengan maha guru yang selalu dikenang sepanjang masa yaitu “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Jika bukan karena jasa dan perjuangan seorang guru maka anak-anak kita tidak mengenal huruf dan membaca. Salah satu tugas mulia dosen, tertuang dalam Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 ayat 2 Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain  mengajar dan mendidik para mahasiswa, seorang dosen juga dituntut untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti: Mengajar, Meneliti dan Mengabdi kepada masyarakat. Maka dari itu kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) harus segera dilaksanakan tiap semester, baik semester ganjil dan semester genap. Menurut kondisi saat ini mesti masa pandemic berangsur menurun kasus yang tertularpun semakin sedikit dan berdasarkan aturan pemeritahan yang tertuang dalam Pergub No : 3 Tahun 2021 Tentang PPKM Level 3 Covid -19, Khususnya Pemerintah Daerah masih diberlakukan Protokol Kesehatan, maka semua aktivitas yang mengundang orang banyak masih dibatasi dan tetap menggunakan prokes.

Kami selaku tim PKM setelah mendapatkan izin resmi dari Bapak Lurah Benda Baru,  kemudian segera melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, tentunya dengan mentaati protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Maka Pada Hari Selasa , 05 – 07 Oktober 2021, pukul 09’00 Wib, tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan kegiatan PKM pada Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat ini diketuai oleh Ibu Jublina Oktora, S.E., M.M. beserta anggotanya Bapak Syawaludin, S.E., M.M., Bapak Ir. Muhammad Arief, M.M. Ibu Sinta Sulistiani S.E., M.M. dan Bapak Sutiman, S.E., M.M. Maka PKM ini mengangkat sebuah tema “Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Motivasi kerja terhadap Produktivitas kerja di Kelurahan Benda Baru Kota Tangerang Selatan”.

Kedatangan Tim PKM dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang langsung disambut baik oleh Bapak H. Saidun, S.E., M.Si selaku Lurah Kelurahan Benda Baru, dan beberapa staf kelurahan lainnya. Beliau berharap jika keadaan sudah kembali normal maka PKM harus dilaksanakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin, semoga harapan kita semua ditahun kedepan kondisi Negara khususnya Indonesia kembali seperti sebelum masa pandemic dapat melakukan aktivitas apapun dan kapanpun. Harapan Bapak Lurah setiap kegiatan ini dapat memberikan ilmu dan wawasan pengetahuan baru bagi para pegawai kantor Kelurahan Benda Baru agar menjadi lebih baik lag dan dapat menjadi contoh teladan bagi Kelurahan lainnya yang ada sekitar Kota Tangerang Selatan.

8.2

Foto saat Penyerahan Plakat dengan Dosen Universitas Pamulang

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan peran komunikasi dan motivasi kerja interpersonal khususnya para pemimpin kantor Kelurahan Benda Baru agar tercapai produktivitas kerja yang kompeten. Untuk dapat mempertahankan kualitas dan produktivitas kerja karyawan, kita harus bias memastikan bahwa sumber daya manusia yang dimiliki sudah baik kualitasnya. Hal itu dilakukan agar suatu organisasi dapat mengembangkan produktivitas kerjanya dengan baik. Kualitas dan produktivitas kerja sumber daya manusia dapat ditingkatkan dengan cara melakukan program pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi. Komunikasi yang dimaksud tentunya komunikasi yang efektif yaitu apabila dapat menghasilkan kesamaan antara komunikator dan komunikan, kemudian Komunikasi akan lebih efektif lagi apabila terjadi antar pribadi (interpersonal) dan karyawan kantor Kelurahan Benda Baru.

Kota Tangerang Selatan. Kelurahan Benda Baru Kecamatan Pamulang  terbentuk berdasarkan peraturan bupati Kabupaten Tangerang No.05 Tanggal 19 September 2005 tentang perubahan 77 desa menjadi kelurahan. Kemudian berdasarkan UU No.51 Tahun 2008 Tanggal 26 November 2008 tentang pembentukan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten. Kantor Kelurahan Benda Baru Luas wilayahnya 219.50 Ha yang terdiri dari 73 RT, 12 RW, 4 Dusun.

8.3

                        Foto Ketua PKM saat menyampaikan materi di Kelurahan Benda Baru

Kegiatan PKM ini dapat sukses dan berjalan sesuai rencana tidak terlepas peran serta dan dukungan penuh dari Universitas Pamulang dan LPPM, serta para tim panitia dosen yang bekerja keras demi kelancaran acara tersebut diatas

8.4

Foto Tim PKM bersama Jumantik Kelurahan Benda Baru

Segenap Tim PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang sangat berharap apa yang telah kami perbuat baik perjuangan, ilmu, pengetahuan dan wawasan yang didapat  pada Pengabdian Masyarakat kali ini mampu memberikan semangat baru bagi kita dalam menyampaikan  materi dan motivasi serta mampu berkontribusi bagi generasi muda, khususnya para mahasiswa/i agar yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kalangan dosen serta masyarakat pada umumnya, Aamiin.

Penulis

*SYAWALUDIN, S.E., M.M.& Jublina Oktora.,SE.,MM (Dosen Prodi Manajemen, Universitas Pamulang)